Segini Harga Perlengkapan Racing Suit MotoGP: Dari Helm sampai Sepatu Balap

Doni Wahyudi - detikOto
Rabu, 07 Okt 2020 06:10 WIB
Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo di Kualifikasi MotoGP San Marino 2020.
Berapa harga perlengkapan baju balap lengkap rider MotoGP? (Dorna Sports)
Jakarta -

Karena keamanan jadi hal yang paling utama, perlengkapan balap MotoGP punya standar tinggi yang diterapkan oleh FIM. 'Paket' perlengkapan balap paling standar yang bisa didapat, harganya mencapai Rp 73 juta lebih.

Pada setiap balapan MotoGP seluruh pebalap diwajibkan menggunakan pakaian balap lengkap yang melindungi mereka dari kemungkinan terburuk. Dari helm, baju balap, sarung tangan, pelindung tulang belakang, pelindung dada, sampai sepatu semuanya harus memenuhi syarat yang ditetapkan FIM.

Perlengkapan balap ini secara khusus dan detail dibahas pada aturan dan regulasi MotoGP.

Untuk helm, semua yang dipakai pebalap harus memiliki label homologasi FIM. Pada label tersebut terdapat QR code yang jika discan akan mengarah pada halaman web yang secara khusus memberikan informasi tentang helm itu. Saat ini cuma ada 23 helm yang dinyatakan lulus homologasi FIM.

Helm Spesial Valentino Rossi di Misano 2019Helm Spesial Valentino Rossi di Misano 2019 Foto: Dok. AGV Helmet

Beberapa ke belakang, beberapa pabrikan helm mulai menjual helm bersertifikasi FIM kepada khalayak umum. Salah satunya adalah AGV Pista GP RR dan Shoei X-Forteen.

Punya daya pelindung tinggi dari kecelakaan, benturan, dan bahkan kobaran api, perlengkapan balap untuk rider MotoGP dibanderol dengan harga tinggi. Lalu berapa sih harga satu set pakaian balap rider MotoGP?

Jika ditanya dari satu pebalap ke pebalap lain, angkanya jelas tak akan sama. Rider MotoGP memakai perlengkapan dengan merek berbeda, dan juga jenis berbeda sesuai kebutuhan dan kenyamanan saat berada di atas motor.

VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 17: Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team  greets the fans during the MotoGP race during the MotoGP Of Valencia - Race at Ricardo Tormo Circuit on November 17, 2019 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Andrea Dovizioso Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Apalagi rider-rider MotoGP kerap memakai perlengkapan balap yang dikostumisasi khusus untuk mereka. Harganya akan jadi lebih mahal lagi.

Dikutip dari Twomotion, perlengkapan balap MotoGP bisa mendekati USD 5.000. Itu baru hitung-hitungan perlengkapan paling standar.

Kalau kamu berniat memiliki pakaian balap lengkap sesuai standar FIM, daftar di bawah ini bisa memberikan gambaran berapa banyak uang yang akan dibutuhkan.

PerlengkapanHarga
AGV Pista GP RR Rp 22,1 juta
Dainese Misano 2 D-Air (baju balap dilengkapi air bag))Rp 36,9 juta
Alpinestars Supertech GlovesRp 5,9 juta
Alpinestars Supertech R BootsRp 7,3 juta
Back protector(termasuk dalam pembelian baju balap)
Dainese Pro Armor ChestRp 738.000
TotalRp 73,1 juta



Simak Video "Balada Quartararo: Manis-manis Dahulu, Pahit Kemudian"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)