Selasa, 22 Sep 2020 13:20 WIB

Jika Kondisinya Terus Begini, Juara MotoGP 2020 Ditentukan di Lap-lap Terakhir

Luthfi Anshori - detikOto
Second placed Joan Mir, winner Maverick Vinales and third placed Pol Espargaro, al three of Spain, pose on the podium of the MotoGP race of the Emilia Romagna Motorcycle Grand Prix at the Misano circuit in Misano Adriatico, Italy, Sunday, Sept. 20, 2020. (AP Photo/Antonio Calanni) MotoGP 2020 lahirkan 6 juara berbeda dari 7 seri yang sudah dilalui. Foto: AP/Antonio Calanni
Jakarta -

MotoGP 2020 sudah berjalan sebanyak 7 seri. Menariknya, sudah ada 6 rider berbeda yang bergantian berdiri di podium tertinggi. Tak hanya itu, klasemen sementara pebalap pun menunjukkan perolehan poin yang beda-beda tipis. Jika kondisinya terus begini, juara MotoGP 2020 bisa ditentukan di lap-lap terakhir!

Balap MotoGP musim ini memang penuh anomali. Mulai dari venue perlombaan yang hanya diselenggarakan di Eropa, satu sirkuit untuk dua seri balapan, atraktifnya tim satelit, cedera panjangnya Marc Marquez, hingga sengitnya persaingan di podium teratas yang melahirkan 6 pemenang berbeda dari 7 seri MotoGP yang sudah digelar.

Jika melihat tabel klasemen sementara, kita juga bakal melihat data-data yang cukup mencengangkan, di mana selisih poin antar pebalap sangat-sangat tipis. Andrea Dovizioso yang berada di puncak misalnya, hanya berselisih satu poin dengan Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. Jangan lupakan juga Joan Mir di posisi keempat yang hanya berjarak 4 poin dari The Little Dragon. Akibat 'kelakuan' Mir, Suzuki pun mulai diperhitungkan dalam kontestasi perebutan juara MotoGP 2020.

Selain keempat pebalap tersebut, jangan lupakan juga para pebalap yang sudah mengemas poin lebih dari 60 seperti Franco Morbidelli, Jack Miller, dan Takaaki Nakagami. Dan di bawahnya lagi, masih ada kelompok pebalap yang mengemas poin lebih dari 50, seperti Miguel Oliveira, Valentino Rossi, Pol Espargaro, dan Brad Binder. Dengan balapan yang menyisakan 7 seri, segala kemungkinan masih bisa terjadi.

Mantan pebalap Spanyol, Àlex Crivillé Tapias, memprediksi jika kondisinya terus seperti itu, maka juara MotoGP 2020 bakal sulit ditentukan, hingga lap-lap terakhir.

"Jika mereka terus seperti ini, juara dunia akan ditentukan di lap terakhir! Emosi penonton bakal terjamin. Enam pemenang berbeda dalam tujuh balapan diperebutkan, data berbicara sendiri. MotoGP 2020 menjadi salah satu yang paling menarik dan sangat sulit diprediksi dalam sejarah," bilang Àlex seperti dikutip dari Marca.

Pertarungan MotoGP 2020 pekan ini akan berlanjut di seri MotoGP Catalunya 2020 yang dilangsungkan di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo. Jika melihat data statistik, pebalap Yamaha paling sering juara di sirkuit sepanjang 4,627 km itu. Pada MotoGP 2019, pebalap Repsol Honda Marc Marquez menjadi kampiun di sirkuit ini. Bagaimana jalannya race MotoGP Catalunya 2020 tanpa kehadiran The Baby Alien? Menarik untuk dinantikan.



Simak Video "Line-up Sementara Pembalap MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com