Selasa, 22 Sep 2020 09:53 WIB

Rossi Umumkan Gabung Petronas Hari Kamis, Ini Bocoran Detail Kesepakatannya

Luthfi Anshori - detikOto
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 13:  Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team drinks and prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP Of San Marino - Race at Misano World Circuit on September 13, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi segera mengumumkan kepindahannya ke Petronas Yamaha pekan ini. (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Setelah melalui proses panjang, Valentino Rossi dikabarkan siap mengumumkan kepindahannya ke Petronas SRT Yamaha, minggu ini, di Spanyol. Rossi akan jadi penggawa tim satelit Yamaha yang dikomandoi Razlan Razali itu untuk musim MotoGP 2021. Berikut bocoran detail kesepakatannya.

Pengumuman kepindahan Valentino Rossi ke Petronas Yamaha SRT awalnya diharapkan dilakukan di seri MotoGP Austria bulan lalu. Namun proses negosiasi yang rumit antara prinsipal Yamaha, Petronas Yamaha SRT, dan Rossi, telah menunda pengumuman besar itu.

Dikutip dari laman The Race, bos Yamaha Lin Jarvis, CEO Petronas Yamaha Razlan Razali, dan Rossi telah melakukan serangkaian pertemuan intensif dalam sepekan terakhir di markas VR46, Tavullia, Italia. Pertemuan ketiga orang penting itu disebut sudah mencapai kata sepakat dan detailnya akan diumumkan di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, pada Kamis besok.

Rincian detail dari kesepakatan Rossi, dengan Yamaha dan Petronas SRT memang belum diketahui pasti. Namun menurut GPOne, Rossi akan membawa tiga mekanik andalan bersamanya, yakni Chief Engineer David Munoz, operator telemetri Matteo Flagmini, dan pelatih Idalio Gavira.

Menurut informasi, The Doctor akan dikontrak selama satu tahun di tim satelit Yamaha asal Malaysia itu. Kenapa hanya satu tahun? Itu bukan karena Rossi ingin pensiun dan mengakhiri karier di Petronas SRT. Tapi karena kontrak tim-tim satelit MotoGP dengan Dorna bakal berakhir 2021, sehubungan adanya reorganisasi MotoGP pada 2022.

Berakhirnya kontrak tim-tim satelit MotoGP dengan Dorna pada 2021 juga membuka peluang bagi VR46 untuk menjadi tim satelit Yamaha di MotoGP 2022. Kabarnya lagi, adik tiri Rossi, Luca Marini, akan dijadikan sebagai salah satu pebalapnya.

Kesepakatan itu sangat mungkin terjadi, mengingat skuad Petronas SRT saat ini dikatakan tidak cukup senang dengan statusnya sebagai tim klien Yamaha, sementara di sisi lain banyak rival independennya yang semakin memiliki peran penting dan dipandang sebagai partner oleh tim pabrikannya masing-masing.



Simak Video "Balada Valentino Rossi: Hat-trick Terjatuh Lalu Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com