Senin, 21 Sep 2020 18:15 WIB

Terungkap, Rossi Jatuh Gara-gara Nggak Sengaja Tekan Tuas Rem!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Detik-detik Valentino Rossi Terjatuh di MotoGP Emilia Romagna 2020 Rossi menyudahi balapan sebelum finis setelah mengalami kecelakaan. (20Detik)
Jakarta -

Valentino Rossi gagal tampil optimal saat MotoGP 2020 digelar di dekat kampung halamannya. Saat MotoGP Emilia Romagna yang juga digelar di sirkuit Misano, Italia, Rossi harus menyudahi balapan sebelum finis.

Rossi mengalami kecelakaan low side. Padahal, balapan baru berjalan dua lap.

Ternyata, penyebab kecelakaan Rossi sepele. Gara-gara dia nggak sengaja menekan tuas rem, Rossi tergelincir ke luar lintasan.

"Kami tiba dalam kelompok di tikungan empat dan saya pasti telah melakukan sesuatu yang salah. Saya tidak sengaja menekan tuas rem. Kadang-kadang itu terjadi. Sepertinya terakhir kali hal itu terjadi pada saya adalah (saat sesi) pemanasan beberapa tahun yang lalu," kata Rossi seperti dikutip GP One.

Menurutnya, ketidaksengajaan menekan tuas rem depan membuat ban depan terkunci. Hal itu membuat Rossi kehilangan grip ban depan dan jatuh.

Setelah kecelakaan tersebut, Rossi berusaha kembali mengikuti balapan. Pada akhirnya, pebalap 41 tahun itu kembali ke pit sebelum finis.

"Saya ingin melanjutkan (balapan) karena kami sadar dengan perubahan yang terjadi pada motornya dan saya ingin mengetahui kecepatan. Saya sadar saya tak punya grip pada ban belakang, saya juga tidak cepat. Sulit untuk menemukan konsentrasi dan motivasi setelah crash," ucap Rossi.

Rossi kini berada di posisi sembilan klasemen MotoGP 2020. Jaraknya dengan Andrea Dovizioso di urutan teratas tak terlalu jauh, cuma 26 poin.

"Hari ini saya kehilangan poin, tapi itu tak mengubah banyak hal. Kami semua (pebalap) masih berjarak dekat di klasemen. Apa pun masih bisa terjadi, tapi saya harus lebih baik lagi. Hari ini saya kehilangan grip saat balapan, tapi tetap saja saya tak akan bisa kompetitif, tak cukup kuat untuk bertarung di persaingan juara."

"Bahkan saya tak tahu potensi apa yang saya punya (di balapan ini) karena saya cuma bisa menjalani satu setengah lap, pekan lalu saya lebih kompetitif. Kami membuat beberapa perubahan pada motor untuk memperbaiki akselerasi. Sampai kemarin semua berjalan lancar, tapi hari ini saya malah lebih menderita," curhat Rossi.



Simak Video "Insiden Rossi di MotoGP 2020: Motor Mogok hingga Low Side"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com