Selasa, 11 Agu 2020 18:17 WIB

Mengenal Sirkuit Portimao yang Disebut Rossi seperti Roller Coaster

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sirkuit Portimao Jadi Seri Penutup MotoGP 2020 Sirkuit Portimao Jadi Seri Penutup MotoGP 2020. Foto: MotoGP.com
Portimao -

MotoGP mengumumkan kembali ke Portugal. Sirkuit Autodromo Internacional do Algarve di Portimao, Portugal, akan menjadi seri penutup MotoGP musim 2020.

Sirkuit yang dibuka sejak 2008 itu sudah umum digunakan untuk balapan motor. Balapan seperti World Superbike (WSBK) digelar di sirkuit itu. Namun, untuk gelaran MotoGP, ini menjadi yang pertama digelar di sirkuit Portimao.

Mengutip situs resmi MotoGP, sirkuit Autodromo Internacional do Algarve terletak di lingkungan yang indah di Algarve, Portugal. Sirkuit ini tak hanya memiliki arena balap motor, di dalamnya terdapat kompleks canggih yang menawarkan trek balap, trek go-kart, area offroad, hotel, kompleks apartemen, taman teknologi, dan kompleks olahraga.

Dalam hal layout sirkuit, Autodromo Internacional do Algarve memiliki 15 tikungan dengan rincian sembilan tikungan kanan dan enam kiri. Karakter naik-turun dan menikung tajam membuat sirkuit dijuluki seperti roller coaster, pebalap akan memacu motor dengan kecepatan tinggi dan menikmati trek yang naik-turun.

Pebalap bisa memacu motornya hingga kecepatan maksimal di lintasan lurus sebelum menuruni bukit untuk masuk ke tikungan 1.

Pebalap ata Yamaha WorldSBK Official Team rider Michael van der Mark pernah menggambarkan trek ini sebagai salah satu sirkuit yang paling menuntut. Sirkuit ini memiliki segalanya untuk memacu motor balap, ada lintasan lurus yang panjang, tikungan tajam, tikungan cepat, hingga tanjakan-turunan yang menantang para pebalapnya.

"Ini trek yang luar biasa, seperti roller coaster, dan itu di level Phillip Island. Ini juga memiliki tikungan yang rumit, dan akan menjadi tugas yang sulit untuk menjadi kuat di sana," kata Valentino Rossi saat ditanya mengenai sirkuit Portimao.

CEO Autódromo Internacional do Algarve, Paulo Pinheiro, mengatakan sebuah pencapaian besar sirkuitnya digunakan balapan sekelas MotoGP. Sebab, kata dia, MotoGP adalah puncak dari olahraga otomotif roda dua.

"Dan kami sangat bersemangat menyambutnya. Prosesnya sudah lama dengan Dorna, kami memiliki kesepakatan sejak 2017, dan akhirnya semua kerja keras terbayar," katanya.

"Kami sedang bekerja untuk mendapatkan fans dalam balapan kami, dan kami akan mulai dengan kapasitas 30.000 fans untuk balapan akhir pekan dan kemudian kami akan memutuskan dengan Dorna dan otoritas kebersihan untuk tahap-tahap berikutnya. Kami tidak dapat mengungkapkan betapa bahagianya kami memiliki balapan ini."



Simak Video "Rossi Posisi Ketujuh Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com