Selasa, 11 Agu 2020 13:25 WIB

Rahasia di Balik Pit Board MotoGP, Ternyata Bisa untuk Sesatkan Lawan

Luthfi Anshori - detikOto
Mekanik tim balap sedang menunjukkan papan pit board Mekanik tim balap sedang menunjukkan papan pit board yang memuat informasi. Foto: Box Repsol
Jakarta -

Bagi yang sering menyaksikan balap MotoGP, pasti tidak asing dengan papan pit board yang sering ditunjukkan mekanik ke pebalapnya saat melewati garis start/finis. Papan ini memuat sejumlah informasi penting mengenai jalannya balapan. Fakta lain yang mengejutkan dari pit board, ternyata bisa digunakan untuk menyesatkan lawan.

Dikutip dari Box Repsol, pit board masih terus digunakan hingga saat ini kendati informasi balapan sudah dimuat di panel instrumen motor. Papan pit board masih dianggap lebih efektif, ketimbang panel instrumen yang mustahil dilirik pebalap saat kecepatan tinggi.

Pit board MotoGP biasanya menunjukkan kode huruf dan angka, dengan warna-warna berbeda. Fungsinya antara lain untuk menunjukkan urutan posisi pebalap, lap tersisa dalam balapan, waktu tersisa dalam sesi latihan, jumlah pebalap dalam grup, jarak waktu dengan pebalap di belakang, dan perintah untuk segera masuk pit lane, termasuk memberi tahu jika ada perubahan mapping mesin.

Menariknya lagi, papan pit lane juga bisa digunakan sebagai informasi untuk menyesatkan pebalap lawan. Hal ini terutama terjadi dalam sesi latihan. Tapi itu bukanlah sesuatu yang sering digunakan oleh sebuah tim balap di MotoGP.

Tambahan informasi, papan pit board selama latihan dan balapan menampilkan informasi yang berbeda-beda. Selama sesi kualifikasi, informasi didasarkan pada (dari atas ke bawah) sisa waktu, posisi saat ini, dan catatan waktu terbaik di sesi itu.

Sementara selama balapan berjalan, informasinya seputar sisa lap, posisi, jumlah pebalap lain dalam grup pebalap, dan perbedaan antara pebalap dan grup pengejar.

Pertanyaannya, apakah para pebalap benar-benar memiliki penglihatan yang cukup untuk melihat informasi tersebut? Sementara mereka berkendara dalam kecepatan sangat tinggi.

"Pebalap biasanya memiliki pandangan yang jelas tentang informasi tersebut, tetapi ada sirkuit di mana posisi papan pit board terletak di sebelah penanda titik pengereman. Karena itu, papan pit harus ditempatkan di mana pebalap memiliki cukup waktu untuk membaca informasi tersebut dan memandu pola pengeremannya".



Simak Video "Rossi Posisi Ketujuh Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com