Kamis, 01 Agu 2019 11:28 WIB

Seberapa Cepat Proses Penggantian Ban di Ajang Formula 1?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Charles Coates/Getty Images Foto: Charles Coates/Getty Images
Jakarta - Tim balap F1 Red Bull Racing memecahkan rekor baru dalam proses penggantian ban mobil F1. Jet darat yang ditunggangi Max Verstappen hanya membutuhkan waktu sekitar 1,88 detik untuk mengganti keempat roda, ketika beraksi di Grand Prix Jerman, akhir pekan lalu.

Dari video yang diunggah di kanal YouTube, terlihat para kru pit bekerja begitu sigap. Ada puluhan orang yang bekerja cepat, mengganti ban slick kendaraan balap yang dinaiki Verstappen. Saking cepatnya, tidak terlihat sedikit pun bagaimana proses penggantian keempat roda tersebut.



Dari puluhan orang yang bertugas, tugas terberat tentu diemban oleh sang pencopot dan pemasang roda. Sebab, mereka hanya diberi waktu kurang dari dua menit untuk mencopot roda lama dan mengencangkan roda baru. Meski proses mencopot dan memasang ban menggunakan mesin, tetap saja butuh ketelitian.

Formula One Red BullFormula One Red Bull Foto: Charles Coates/Getty Images


Satu kesalahan saat proses penggantian keempat roda, tentu bakal membuat pembalap tersebut kehilangan waktu, dan makin membikin lama waktu menuju garis finish.



Verstappen sendiri akhirnya berhasil keluar sebagai juara GP Jerman, dengan catatan waktu 1:44:31.275 detik. Ia berhasil mengungguli Sebastian Vettel dan Daniil Kvyat.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Kepincut! Juventus Tawar Erling Haaland Rp 46 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com