Minggu, 07 Jul 2019 15:15 WIB

Kenapa Marquez Selalu Dominan di Sachsenring?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images
Jakarta - Pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez, selalu tampil dominan di sirkuit Sachsenring, Jerman. Bahkan, seri MotoGP Jerman yang berlangsung hari ini pun Marquez menyabet pole position.

Marquez sudah menyabet 9 juara di Sachsenring dari semua kelas yang ia ikuti. Pada kelas 125 cc, Marquez menjadi juara sekali, Moto2 dua kali dan MotoGP enam kali.



Kemenangan itu diraih setelah Marquez berhasil start terdepan. Sebelum 2019, Marqquez juga meraih pole position di Sachsenring sebanyak 9 kali. Kini, pole position Marquez di sirkuit itu digenapkan menjadi 10 kali. Kenapa Marquez bisa begitu dominan di sirkuit ini?

Tikungan ke kiri favorit Marquez. Tikungan ke kiri favorit Marquez. Foto: Tobias Schwarz/AFP


Mengutip laman Box Repsol, ada beberapa kemungkinan alasan mengapa Marquez selalu dominan di sirkuit ini. Yang pertama, sirkuit Sachsenring adalah trek yang berlawanan arah jarum jam. Ini sama dengan sirkuit lintasan tanah untuk motor offroad, olahraga yang juga dicintai dan dilakukan Marquez secara teratur.

Sirkuit Sachsenring punya lebih banyak tikungan ke kiri yang menjadi favorit Marquez. Setidaknya 10 dari 13 tikungan adalah ke kiri. Tak heran Marquez yang lebih menyukai menikung ke kiri menjadi pebalap tercepat di GP Jerman. Bahkan, antara tikungan empat sampai 10 hanya memiliki tikungan ke kiri.



Pebalap yang khas dengan nomor 93 itu memegang rekor lap tercepat di sirkuit ini. Sekali putaran, ia hanya membutuhkan waktu 1:20.366.

Dia juga memiliki jumlah kemenangan tertinggi ketiga di Sachsenring setelah Hailwood (9) dan Agostini (10).

Mampukah Marquez kembali merajai MotoGP Sachsenring dan meraih 10 kemenangan beruntun di sirkuit tersebut? Kita tunggu saja.

Simak Video "Honda Bocorkan Resep Melesatnya Marquez"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com