Kamis, 01 Feb 2018 17:15 WIB

Fairing Baru Bikin Motor Valentino Rossi Lebih Oke

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Sepang - Tes pra musim MotoGP Sepang dimanfaatkan oleh para pabrikan untuk mencari setelan motor paling pas agar bisa melaju kencang.

Honda dan Yamaha misalnya menguji penggunaan fairing baru pada motor andalannya. Fairing baru tersebut rupanya memberikan hasil positif bagi Yamaha maupun Honda.

"Saya mencoba fairing baru yang lebih aerodinamis dan itu baik, saya menyukainya. Fairing tersebut cukup terasa dampaknya di bagian depan motor. Saat anda harus membalap bukan di trek lurus dan bagian depan lebih mudah dikendalikan. Dan saya tidak merasakan sesuatu negatif dari penggunaan fairing baru ini," kata pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi.

Fairing baru juga dinilai menambah akselerasi motor. Tapi menurut rekan setim Valentino Rossi, Maverick Vinales fairing tak bisa digunakan di semua trek.

"Seperti di Australia disana banyak sekali angin. Mungkin di beberapa tikungan penggunaan fairing justru akan memperburuk keadaan. Tapi seperti yang saya katakan, akselerasi motor tetap penting," jelas Vinales.

Hasil positif juga dirasakan oleh pebalap Honda Repsol Marc Marquez. Marquez mengatakan penggunaan fairing adalah agar motor tak melayang apalagi di bagian depan.

"Tujuan utama dari penggunaan fairing baru adalah agar bagian depan motor tidak melayang dan lebih sering menyentuh aspal tapi risikonya kami harus kehilangan kecepatan," tutur Marquez. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed