Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 06 Jun 2016, 09:42 WIB

Iannone: Saya Sudah Mengerem di Titik yang Tepat

Rifqi Ardita Widianto - detikOto
Iannone: Saya Sudah Mengerem di Titik yang Tepat Foto: Getty Images Sport/Mirco Lazzari gp
Barcelona - Andrea Iannone membela diri dari tudingan bahwa dia gegabah memasuki tikungan 10 hingga menabrak Jorge Lorenzo. Dia bersikeras selalu mengerem di titik sama.

Iannone menjadi sorotan usai balapan MotoGP Catalunya, Minggu (5/6/2016) kemarin karena memicu sebuah insiden. Rider Ducati itu terlibat insiden dengan Lorenzo yang merupakan pembesut Movistar Yamaha sehingga sama-sama gagal finis.

Kedua pebalap saat itu sedang dalam jarak yang dekat dan tengah menjalani putaran ke-17. Iannone yang menguntit untuk mencoba merebut posisi lima, menabrak bagian belakang YZR-M1 milik Lorenzo hingga keduanya mencium aspal.

Iannone lantas dianggap sebagai pihak yang bersalah dalam insiden ini. Pebalap 26 tahun itu dihukum start paling belakang pada seri berikutnya di MotoGP Belanda.

Sepanjang musim ini Iannone memang sudah disorot karena manuver-manuvernya. Sebelumnya dia juga 'menjatuhkan' sang rekan setim, Andrea Dovizioso, di MotoGP Argentina, ketika sama-sama sedang menempati tiga besar dan berpeluang podium.

Meski demikian, Iannone menolak klaim bahwa dia mengerem terlalu telat sehingga menabrak Lorenzo. Dia bersikeras mengerem di titik yang sama dan justru heran kenapa Lorenzo mengerem lebih cepat.

Dia juga merasa laju Lorenzo tak begitu baik seiring jalannya balapan. Oleh karena itu dia menduga ada yang salah dengan motor sang rival.

"Saya mengerem di titik yang sepanjang balapan. Saya yakin dia sebelumnya mengalami sebuah problem dengan motornya atau ban karena dia benar-benar pelan," kata Iannone dikutip Motorsport.

"Setelah terjatuh, saya menanyakan Jorge apakah dia ada masalah dengan motor dan dia menjawab tidak. Saya kasihan dengannya. Itu adalah kesalahan, tapi saya tidak mengerem lebih lambat dari biasanya dan sulit untuk dimengerti kenapa Jorge mengerem sangat dini."

"Di sisi lain, saya rasa itu adalah sebuah balapan yang bagus untuk saya. Karena saya mencoba mengerahkan yang terbaik sejak awal dan saya membalap sangat baik, saya menggunakan ban dengan sebaik mungkin dan laju saya tidak terlalu buruk," imbuhnya.

Sebelumnya Lorenzo sudah menyatakan rasa kesalnya karena melihat Iannone tak menunjukkan rasa bersalah dalam insiden tersebut. Itu sebabnya pebalap Spanyol ini tak mengacuhkan Iannone yang tampak berusaha berkomunikasi sesaat setelah insiden.

[Baca juga: Lorenzo Kesal Iannone Tak Merasa Bersalah Usai Menabrak] (raw/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed