ADVERTISEMENT

GIIAS 2022

30 Kendaraan Baru Rilis di GIIAS 2022, Honda dan Toyota Termasuk!

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 20 Jul 2022 20:18 WIB
Jakarta -

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 akan menjadi saksi kelahiran produk baru. Project Director Sevent Event, Agus Riyadi mengatakan 30 kendaraan baru rilis di GIIAS 2022.

"Yang pasti GIIAS tetap akan menjadi platform untuk kendaraan launching dan sampai hari ini kami sudah mendapatkan informasi bahwa akan ada lebih dari 30 kendaraan yang akan launching," ujar Agus di Ballroom, Hotel Sheraton, Jakarta Selatan, Rabu (20/7/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan GIIAS 2022 dipercaya menjadi panggung produk baru, di antaranya untuk level regional Asia, Asia Tenggara, dan Global. Tidak hanya produk internal combustion engine, tetapi juga model elektrifikasi.

"Kami masih akan sangat bangga bahwa GIIAS tetap dijadikan sebagai platform bagi para APM untuk launching produk terbarunya," ujar Agus.

"Kemudian yang terbaru GIIAS juga akan dijadikan sebagai platform untuk launching kendaraan listrik, baik berupa perkenalan maupun edukasi kepada masyarakat," tambah dia.

GIIAS 2022 mengusung tema "The Future is Bright" dengan mengedepankan era kendaraan listrik beserta ekosistemnya. GIIAS juga menjadi tempat kelahiran era kendaraan battery electric vehicles.

Salah satu bocorannya ialah Wuling Motors Indonesia, perwakilannya Brian Gomgom, mengatakan Wuling akan melakukan debut Air EV secara global di arena GIIAS 2022.

Pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2021 tetap menampilkan Sales Promotion Girl (SPG), Tangerang, Sabtu (13/11/2021). Keberadaan bidadari penjaga booth otomotif di pameran GIIAS ini menjadi strategi agen pemegang merek (APM) untuk menarik pengunjung menyambangi booth mereka.Ilustrasi Pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2021 tetap menampilkan Sales Promotion Girl (SPG), Tangerang, Sabtu (13/11/2021). Keberadaan bidadari penjaga booth otomotif di pameran GIIAS ini menjadi strategi agen pemegang merek (APM) untuk menarik pengunjung menyambangi booth mereka. Foto: Grandyos Zafna

Honda Prospect Motor tak ingin tinggal diam. Yessy Anastasia selaku Public Relations Chief dari Honda Prospect mengatakan booth Honda akan dihiasi mobil motorsport serta penampilan mobil dengan elektrifikasi. Pabrikan ini juga akan merilis mobil baru, namun informasinya masih ditutup rapat.

"Terakhir akan hadir excitement dari Honda," ujar Yessy.

Pabrikan asal Korea Selatan, Rizal Mulyadi, Promotion Dept. Head PT KIA mengatakan bakal membawa dua mobil electric vehicles. Selain itu, KIA Sorento hybrid juga bakal melantai di GIIAS 2022. Model MPV KIA Carens juga rencananya bakal dijual secara resmi di hajatan otomotif berskala internasional tersebut.

"Ini produk baru akan kita tampilkan di event kali ini. KIA Carens sudah ditampilkan Jakarta Auto Week tahun lalu. Pada event GIIAS ini akan dijual atau diluncurkan pada event kali ini. Kita juga akan menampilkan dua model (EV)," ujar Rizal.

Kemudian segmen mobil mewah Lexus akan membawa satu model baru yang digadang-gadang melakukan debut perdana di Asia pada GIIAS 2022. Pabrikan ini juga tidak akan mobil internal combustion engine (ICE) di GIIAS 2022.

Selanjutnya Pramita Sari, PR & Communications Senior Manager PT Eurokars Motor Indonesia, mengungkapkan Mazda MX-5 akan tampil perdana dalam acara konferensi pers di GIIAS 2022.

Morris Garage pun demikian, pabrikan mobil yang mulai berjualan di Indonesia sejak tahun 2020 ini bakal merilis dua model baru di Tanah Air. Menariknya, MG juga bakal membawa kendaraan klasik.

"Kita sekaligus akan meluncurkan dua kendaraan baru di GIIAS 2022. Salah satu yang bisa klaim pure electric memang salah satu yang akan kita luncurkan di GIIAS 2022," ujar Marketing and PR Director MG, Arief Syarifudin.

Merek lain, Mitsubishi disebut akan membawa produk baru. "Selain Mitsubishi Xpander AP4 yang akan muncul tampilan baru. Akan ada produk mobil rally baru yang kita tampilkan," tutur Head of PR and CSR Departement di PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Tak melulu mobil listrik hingga supercar, GIIAS 2021 juga memamerkan unit mobil bus sampai truk lho.Tak melulu mobil listrik hingga supercar, GIIAS 2021 juga memamerkan unit mobil bus sampai truk lho. Foto: Grandyos Zafna

Selanjutnya merek yang kembali ke Indonesia, Subaru disebut akan melakukan debutnya di GIIAS. Marketing Communication Manager Subaru Indonesia, Ismail Aslan mengatakan pihaknya bakal merilis mobil SUV.

"Pada hari pertama kami undang rekan-rekan media untuk datang ke booth kami. Compact SUV ini dilengkapi dengan simetrical All Wheel Drive," ujar Ismail.

Selanjutnya, Head of Public Relations & Digital Suzuki, Rudiansyah mengatakan akan merilis mobil baru. Sementara tema booth-nya sendiri mengusung urban lifestyle.

"Kami akan launching new products launch, kami akan merilis dua produk di GIIAS 2022," ujar dia.

Terakhir Toyota juga nggak mau ketinggalan. Dwi Apriani Astuti, selaku Head of Strategic & Content Development, Toyota Astra Motor mengatakan Toyota akan menempati booth seluas lebih dari 3.000 meter persegi.

"Akan banyak complete elektrifikasi, dari hybrid, plug in hybrid, dan battery electric vehicles. Akan ada pula mobil Toyota lainnya. Kami juga menghadirkan brand Toyota Gazoo Racing. Untuk semakin memeriahkan kami juga menghadirkan 7 ever better cars yang dapat memberikan pengalaman menyenangkan untuk berkendara. Jangan sampai ketinggalan karena ada something new di sana," ujar Dwi.

Untuk segmen kendaraan komersial, Isuzu akan membawa truk electric vehicles yang sudah dipamerkan di Jepang. Selain itu Isuzu juga akan membawa produk Euro4 yang sudah diimplementasikan di Indonesia.

"Kami bawa direct dari Isuzu Jepang, kita bawa Isuzu Elf EV dengan aplikasi refrigator," jelas Marketing Communication Dept Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia Puti Annisa.

Usher di GIIAS 2021Usher di GIIAS 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Ardiansyah perwakilan dari Hino Motor Sales Indonesia menyebut akan merilis dua unit merilis produk baru di Indonesia.

"Kita akan merilis dua produk baru pertama kali di Indonesia. Selanjutnya kita akan pamerkan dua unit di segmen Dutro dan Ranger. Ini juga baru dan varian baru," ujar dia.

Tercatat ada 25 merek kendaraan penumpang dan berpartisipasi pada GIIAS 2022, yaitu Audi, BMW, Chery, Nissan, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Toyota, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Porsche, Subaru, Suzuki, Volkswagen, Wuling, serta kendaraan komersial seperti Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

Selain roda empat, lebih dari 100 merek industri pendukung juga hadir di GIIAS 2022, misalnya industri karoseri Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Sementara roda dua di antaranya Alva, Astra Honda Motor, Benelli, CF Moto, Keeway, Pacific Bike, Segway, Selis, SM Motor, SYM, dan Wmoto.

(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT