ADVERTISEMENT

Toyota Segera Luncurkan Mobil Listrik: Innova Listrik atau bZ4X?

Doni Wahyudi - detikOto
Selasa, 19 Jul 2022 20:37 WIB
Jakarta -

Toyota sudah mengumumkan akan meluncurkan mobil listriknya di Indonesia di sisa tahun 2022 ini. Model apa yang bakal menjadi pionir Toyota menjadi kendaraan BEV (Battery Electric Vehicle) di tanah air?

Diberitakan sebelumnya, Toyota akhirnya mengonfirmasi peluncuran mobil listrik (full BEV) pertamanya di Indonesia pada akhir tahun ini. Belum diketahui kapan mobil listrik tersebut akan diperkenalkan dan resmi dijual ke publik, termasuk apakah launching akan dilakukan di GIIAS pada 11-21 Agustus mendatang.

Saat ditanya soal model mobil listrik yang akan diperkenalkan, Toyota juga memilih menutup rapat informasi tersebut.

"Kalau masih ada yang tanya, itu berarti enggak mengikuti berita Toyota dari waktu ke waktu," canda Wakil Presdir TAM, Henry Tanoto, di Sumatera Utara.

"Kalau detail informasi, kita belum bisa kasih sekaranglah, tapi nanti juga akan ada informasinya, saya katakan segera," lanjut Henry.

Kehadiran mobil listrik Toyota Kijang Innova EV Concept gemparkan IIMS Hybrid 2022. Diketahui, mobil listrik itu masih berupa protipe, belum diproduksi massal.Kehadiran mobil listrik Toyota Kijang Innova EV Concept gemparkan IIMS Hybrid 2022. Diketahui, mobil listrik itu masih berupa protipe, belum diproduksi massal. Foto: Agung Pambudhy

Bicara mobil listrik Toyota yang akan meluncur di Indonesia, ada beberapa tipe yang berpeluang di-launching. Yang pertama adalah Toyota Innova listrik.

Pada ajang IIMS, Maret 2022, Innova Listrik sempat bikin heboh dan menarik perhatian pencinta otomotif tanah air. Namun mobil tersebut masih berupa konsep dan dikembangkan untuk kebutuhan study.

Mobil listrik lainnya yang berpeluang diluncurkan Toyota adalah bZ4X. Peluang munculnya bZ4X dijual di Indonesia terbuka lebar setelah Toyota Motor Thailand menyatakan akan mulai menjual mobil tersebut di tahun 2022 ini.

Toyota bZ4X pertama meluncur pada Oktober 2021 di Thailand. Mobil SUV listrik ini sudah ada di Indonesia namun rencananya hanya digunakan untuk mendukung KTT G20.

Toyota bZ4X dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh, dengan klaim jarak tempuh maksimal dalam kondisi baterai terisi 100% mencapai 450 km. Di beberapa negara Eropa, mobil ini dilepas dengan banderol harga 41.950 poundsterling. Itu setara dengan Rp 750-an juta.

(din/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT