'Indonesia itu Panas, AC di Baris Kedua Lebih Penting Dibanding Sunroof'

Ruly Kurniawan - detikOto
Kamis, 09 Agu 2018 13:45 WIB
Ilustrasi Nissan Terra Foto: Rachman Haryanto
Tangerang - Penggunaan sunroof di mobil menjadi tren tersendiri saat ini. Apalagi bila banderolan mobil sudah Rp 200 jutaan, nampaknya fitur tersebut harus ada meskipun tidak selalu digunakan. Tetapi Nissan menanggapi berbeda terkait hal itu.



General Manager Research & Development PT Nissan Motor Indonesia, Masayuki Ohsugi mengatakan sunroof di mobil tidak terlalu penting. Dengan suhu yang kurang bersahabat, memasang AC di baris kedua adalah prioritas.

"Sebelum membuat produk, tentu kita lakukan study terlebih dahulu agar tepat sasaran. Untuk sunroof, di Indonesia itu cuacanya sangat panas sehingga AC di baris kedua yang berada di atap lebih dibutuhkan daripada sunroof," paparnya di helatan Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2018, ICE BSD, Tangerang.

"Berdasarkan study kami juga, karena Indonesia negara tropis penggunaan sunroof itu sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Oleh sebab itu tak banyak produk kita yang pakai sunroof," tambah Manager RnD Nissan Motor Indonesia (NMI) Anton Khristanto.



Oleh sebab itu, tak banyak mobil-mobil Nissan di Indonesia yang menggunakan sunroof termasuk Nissan Terra. Padahal beberapa pesaingnya sudah menyematkan fitur tambahan tersebut.

"Beberapa hal yang kita andalkan di Nissan Terra dari fitur-fitur menarik, desainnya, sampai kenyamanan berkendara," tutup Masayuki. (ruk/lth)