Pemotor Bercelana Loreng Ngebut di Jalur Sepeda, Nabrak Pemotor Lain Malah Marah

ADVERTISEMENT

Pemotor Bercelana Loreng Ngebut di Jalur Sepeda, Nabrak Pemotor Lain Malah Marah

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 12 Jan 2023 15:04 WIB
Viral pria bercelana loreng tendang pemotor gegara tabrakan di jalur sepeda Sudirman
Foto: Viral pria bercelana loreng tendang pemotor gegara tabrakan di jalur sepeda Sudirman (Foto: Tangkapan layar video)
Jakarta -

Pengendara motor Honda PCX ngebut saat melintas di jalur sepeda bikin heboh sosial media. Dalam video yang beredar luas di sosial media, pemotor bercelana loreng itu menggeber gas ketika melintas di jalur sepeda.

Di saat bersamaan, ada pengendara motor yang berjalan di jalur utama hendak berbelok ke Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebelumnya pemotor dari jalur utama itu sudah menyalakan lampu sein saat hendak berbelok dan mengetahui akan memotong jalur sepeda. Tabrakan pun tak terelakkan.

Setelah tabrakan, pria bercelana loreng itu tampak tidak terima dan terlihat mengeluarkan gestur marah ke pemotor dari jalur utama tersebut. Bahkan pria bercelana loreng yang diduga anggota TNI itu juga terlihat menendang motor yang ditabraknya.

Jalur sepeda sejatinya diperuntukkan bagi para pesepeda. Pembangunan jalur sepeda permanen itu ditujukan agar sepeda bisa menjadi moda pilihan dan alternatif dalam perjalanan. Di samping itu juga menunjang kebijakan transportasi yang berorientasi transit, sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pesepeda.

Menurut Peraturan Gubernur DKI Jakarta no.128 tahun 2019 tentang Penyediaan Lajur Sepeda Pasal 2 ayat 1 dan 2, setidaknya ada enam kendaraan yang boleh melintas di jalur sepeda yaitu sepeda, sepeda listrik, otopet, skuter, hoverboard, dan/atau unicycle.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Jhoni Eka Putra juga menegaskan bahwa belum ada aturan motor dilarang melintas di jalur sepeda.

"Aturan hukum yang menyatakan aturan motor tidak boleh melewati sekitaran jalur sepeda belum ada. Jadi belum ada aturan yang mengikat secara gamblang soal sepeda motor tidak boleh lewat jalur sepeda," tukas Jhoni dikutip detikNews.

Kendati demikian, lanjut Jhoni, pengguna sepeda motor memang tidak dianjurkan untuk memasuki jalur sepeda karena dinilai berbahaya.

"Kalau ketentuan boleh-boleh saja, cuman disarankan jangan. Kita mengimbau kepada seluruh pengendara tidak melewati jalur sepeda," ujarnya.

Simak Video 'Heboh Pria Celana Loreng Tendang Pemotor Buntut Tabrakan di Sudirman':

[Gambas:Video 20detik]



(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT