Pesepeda Ngeyel Lewat Jalan Raya, Langsung Ditegur Polisi

ADVERTISEMENT

Pesepeda Ngeyel Lewat Jalan Raya, Langsung Ditegur Polisi

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 06 Des 2022 09:58 WIB
Dua orang pesepeda yang ngeyel lewat jalan raya ditegur polisi
Foto: Screenshoot Instagram @tmcpoldametro. Dua orang pesepeda yang ngeyel lewat jalan raya ditegur polisi.
Jakarta -

Para pengguna sepeda kedapatan berkendara di jalan raya khusus kendaraan bermotor. Padahal di samping kiri mereka sudah ada jalur khusus untuk pesepeda. Mereka pun kena tegur petugas kepolisian Polda Metro Jaya yang sedang melaksanakan patroli pemantauan arus lalu lintas.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebenarnya sudah membuat beberapa jalur khusus pesepeda. Aturan mengenai jalur khusus sepeda, diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 128 Tahun 2019 tentang Penyediaan Lajur Sepeda. Selain ruas jalur mana saja yang bisa dilalui, peraturan ini juga dilengkapi marka, rambu, serta perlengkapan jalan lainnya.

Namun kenyataan di lapangan, masih banyak pesepeda yang ngeyel atau bandel tidak mau berkendara di jalur khusus yang sudah ditentukan. Padahal bersepeda di jalan raya khusus kendaraan bermotor sangat berisiko menimbulkan kecelakaan.

Seperti diunggah pada akun Instagram @tmcpoldametro, pagi ini (6/12/2022) ada dua orang pesepeda laki-laki dan perempuan yang berkendara di jalan raya. Mereka berdua melintas di ruas Jalan Sudirman - Thamrin. Mereka pun langsung ditegur patroli polisi yang dipimpin langsung oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman.

Tapi ternyata tak hanya dua pesepeda itu, masih ada beberapa pesepeda lain yang berkendara di jalur bukan khusus pesepeda di ruas Jalan Sudirman - Thamrin. Kebanyakan dari mereka menggunakan sepeda jenis road bike. Polisi pun mengimbau kepada para pesepeda agar berkendara sesuai di jalurnya.

"Bagi masyarakat pengguna sepeda diimbau untuk tidak keluar dari jalur yang sudah disediakan, guna menghindari kecelakaan. Demi keselamatan kita bersama," tulis polisi di akun Instagram @tmcpoldametro.

Warganet pun berharap agar ada sanksi yang tegas bagi para pesepeda yang nekat berkendara di jalan raya.

"Memang harus ada sangsi tegas pak .... Misalkan sepedanya di sita atau sebagainya untuk efek jeranya ada," kata akun @jepri***.

"Lagian sepeda sok2 di special kan . Padahal ga bayar pajak. Ga ad hak d jalan raya. Lebih ada hak pengendara sepeda motor. Apus aja jalur sepeda," sebut akun @ria***.

"Susah pakkk apalg yg sepedanya mahal2. Mana mau tau jalur sepeda2an dah.. ttp aja ke jalan besar , yg ada jalur sepeda di jalan besar di buat lawan arah sama sepeda motor. Mending tidak udah pakai jalur sepeda," bilang akun @mel***.



Simak Video "Momen Polisi Tegur Pesepeda Ngeyel yang Keluar Jalur di Thamrin"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT