Motor Listrik Yamaha Neo Meluncur, Harga Mulai Rp 32 Jutaan

ADVERTISEMENT

Motor Listrik Yamaha Neo Meluncur, Harga Mulai Rp 32 Jutaan

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 01 Jan 2023 11:05 WIB
Motor listrik Yamaha Neo
Motor listrik Yamaha Neo. Foto: Dok. Yamaha Vietnam
Jakarta -

Yamaha melakukan gebrakan di akhir 2022 dengan meluncurkan motor listrik Vietnam pada tanggal 30 Desember. Dinamakan Yamaha Neo, skutik ramah lingkungan tersebut dipasarkan dengan harga setara nominal Rp 32,8 juta.

Secara tampilan, Yamaha Neo hadir dengan desain ala skutik kekinian dengan bentuk serba membulat. Bagian depannya menggunakan cover lampu yang membentuk seperti sepasang mata. Lalu di bagian belakangnya memiliki desain lampu yang terpisah dari bagian bodi.

Motor listrik Yamaha NeoMotor listrik Yamaha Neo Foto: Dok. Yamaha Vietnam

Yamaha NEO menggunakan motor listrik generasi baru, YIPU 2, yang dirancang secara eksklusif oleh Yamaha. Pada sistem ini, mesin, rem belakang, juga sistem kontrol MCU (Motor Control Unit) terpasang pada swingarm belakang.

Sistem mesin ini dipasangkan pada pelek 10 palang berukuran 10 inci dengan menggunakan baut, sehingga sangat mudah melepas roda saat menambal atau mengganti ban.

Yamaha Neo dibekali baterai Lithium-ion/BFM1, 51,1 V, 23,2Ah, yang bisa diisi penuh dalam waktu 8 jam. Saat baterai terisi penuh, motor ini bisa melaju sejauh 75 km, tapi dengan catatan kecepatannya harus ada di kisaran 30 km/jam dan bobot pengemudinya 75 kg.

Motor listrik Yamaha NeoMotor listrik Yamaha Neo Foto: Dok. Yamaha Vietnam

Secara performa, motor listrik yang dipasang di motor ini mampu menghasilkan tenaga 2,3 kW dan torsi maksimum 138,3 Nm pada 40 rpm. Berat motor ini mencapai 98 kg, termasuk baterai.

Yamaha Neo dibekali sejumlah fitur unggulan, seperti opsi pemasangan baterai tambahan di ruang bagasinya, charger di konsol boks depan, mode berkendara eco dan normal, konektivitas dalam aplikasi Y-Connect, hingga sistem keyless.

Bicara pilihan warna dan harga, Yamaha Vietnam menawarkan Neo dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, putih, dan biru. Sementara banderolnya mulai 50.000.000 VND atau bila dirupiahkan jadi Rp 32,8 juta.



Simak Video "Target Yamaha: 2050 Semua Beralih ke Motor Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT