Pantas Motor Listrik Bekas KTT G20 Tak Dijual, Ternyata Mau Dipakai Buat Ini

ADVERTISEMENT

Pantas Motor Listrik Bekas KTT G20 Tak Dijual, Ternyata Mau Dipakai Buat Ini

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Rabu, 07 Des 2022 10:07 WIB
Motor listrik ALVA One untuk KTT G20.
Motor listrik bekas KTT G20 Bali tak dijual, lalu mau dipakai buat apa, ya? Foto: ALVA
Jakarta -

ALVA One merupakan satu-satunya motor listrik yang beroperasi di kawasan ring 1 pada pagelaran Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Nusa Dua, Bali. Kendaraan itu tersedia sebanyak 25 unit dan ditempatkan di tiga titik jemput, yakni St. Regis, Hilton, dan Ritz Carlton.

Sayangnya, usai dipakai untuk melayani tamu KTT G20 Bali, motor listrik ALVA One tak akan dijual atau dilelang ke konsumen yang berminat. Setidaknya itu yang disampaikan PT Ilectra Motor Group (IMG) selaku pemegang merek ALVA di Indonesia.

"Kami bangga bisa menjadi bagian dari KTT G20 Bali. Sebab, kita hadir ke sana membawa nama Indonesia. Namun, motor ALVA One bekas KTT tidak akan kami jual," ujar Chief Business Officer PT IMG, Putu Swaditya Yudha, dikutip Rabu (7/12/2022).

Motor Listrik Alva One di KTT G20Motor Listrik Alva One di KTT G20 Foto: Dok. Alva

Menurut Putu, motor listrik ALVA One bekas KTT G20 Bali akan digunakan pihak internal untuk keperluan operasional. Sebab, kata dia, saat ini ketersediaan stoknya masih cukup terbatas, sementara peminatnya di Indonesia terbilang banyak.

Selain itu, kata dia, bukan tak mungkin tunggangan tersebut akan digunakan ALVA sebagai unit test ride di dealer mereka yang berlokasi di SCBD, Jakarta Selatan.

"Jadi, sementara unitnya akan kami keep untuk keperluan operasional kami di Jakarta," kata Putu.

Ilectra Motor Group (IMG) resmi meluncurkan skuter listrik Alva One di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022). Motor ini dibanderol Rp 34 jutaan.Motor listrik ALVA One. Foto: Grandyos Zafna

Diketahui, selama tujuh hari penuh di Nusa Dua Bali, motor listrik ALVA One mencatat total jarak tempuh 7.500 kilometer dan mengantar 1.600 orang lebih. Sementara motor yang dipakai masih versi bawaan, alias tanpa modifikasi. Panitia hanya menempel stiker khas KTT G20 di sejumlah bagian.

Spek Singkat Motor Listrik ALVA One

ALVA One merupakan motor listrik yang dirakit secara lokal di Cikarang, Jawa Barat. Kendaraan tersebut menggunakan baterai 2.7 kWh dengan waktu pengisian daya selama empat jam. Pembekalan itu membuat motor bisa digunakan untuk menempuh jarak 70 kilometer.

ALVA One dibekali tiga mode berkendara, yakni Eco (1), Cruise (2) dan Sport (3). Kecepatan maksimumnya 90 kilometer per jam dengan torsi puncak 46.5 Nm. Namun, saat pengujian, tunggangan tersebut bisa melesat hingga kecepatan 95 kpj.

Saat ini, ALVA One sudah dijual ke konsumen dengan harga mulai Rp 34,9 juta, on the road Jakarta.



Simak Video "Motor Listrik ALVA One Buatan RI, Berapa Banyak Komponen Lokalnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT