Diklaim Buatan Indonesia, Berapa Kandungan Lokal Motor Listrik ALVA One?

ADVERTISEMENT

Diklaim Buatan Indonesia, Berapa Kandungan Lokal Motor Listrik ALVA One?

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Jumat, 02 Des 2022 20:08 WIB
Ilectra Motor Group (IMG) resmi meluncurkan skuter listrik Alva One di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022). Motor ini dibanderol Rp 34 jutaan.
Berapa sih kandungan lokal motor listrik ALVA One? Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Motor listrik ALVA One langsung menjadi sorotan publik usai pertama muncul di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022. Sebab, selain desainnya futuristis, kendaraan tersebut juga dibekali fitur beragam dan performa yang terbilang mumpuni.

Saat diluncurkan di GIIAS 2022, PT Ilectra Motor Group (IMG) selaku pemegang merek ALVA di Tanah Air mengklaim, motor listrik ALVA One merupakan produk asli Indonesia. Sementara perakitannya dikerjakan di pabrik mereka yang bertempat di Cikarang, Jawa Barat.

Meski demikian, separuh dari 'tubuh' ALVA One ternyata belum menggunakan kandungan lokal. Sebab, Chief Business Officer PT IMG, Putu Swaditya Yudha mengatakan, kandungan lokal motor tersebut ditargetkan mencapai 40 persen pada tahun depan.

"Kandungan lokalnya kami masih berproses sampai sekarang. Tapi sesuai janji kami pas GIIAS 2022 kemarin ya, tahun depan kami akan memenuhi target pemerintah minimal di 40 persen," ujar Putu saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, belum lama ini.

First Handover ALVA One.motor listrik ALVA One. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Tiga bulan setelah pertama kali diluncurkan di Indonesia, motor listrik ALVA sudah terjual sebanyak ribuan unit. Sementara proses pengirimannya sudah dimulai sejak November kemarin.

"Soal jumlah pemesan ALVA One, maaf kita tidak bisa bocorkan berapa detailnya. Tapi yang jelas sudah empat digit atau ribuan unit sejak diluncurkan Agustus," ungkapnya

"Kami makasih sekali dengan respons positif konsumen di Indonesia. Saat ini, pabrik kita di Cikarang terus beroperasi untuk memenuhi permintaan mereka," kata dia menambahkan.

Ilectra Motor Group (IMG) resmi meluncurkan skuter listrik Alva One di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022). Motor ini dibanderol Rp 34 jutaan.Motor listrik ALVA One. Foto: Grandyos Zafna

Diketahui, ALVA One merupakan motor listrik pertama dan satu-satunya yang dijual PT IMG. Kendaraan tersebut menggunakan baterai 2.7 kWh dengan waktu pengisian daya selama empat jam. Pembekalan itu membuat motor bisa digunakan untuk menempuh jarak 70 kilometer.

ALVA One dibekali tiga mode berkendara, yakni Eco (1), Cruise (2) dan Sport (3). Kecepatan maksimumnya 90 kilometer per jam dengan torsi puncak 46.5 Nm. Namun, saat pengujian, tunggangan tersebut bisa melesat hingga kecepatan 95 kpj.

Saat ini, ALVA One sudah dijual ke konsumen dengan harga mulai Rp 34,9 juta, on the road Jakarta



Simak Video "Motor Listrik ALVA One Buatan RI, Berapa Banyak Komponen Lokalnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT