Murmer! Solar Groove, Motor Ala Supercub C125 Dijual Rp 17 Jutaan

ADVERTISEMENT

Murmer! Solar Groove, Motor Ala Supercub C125 Dijual Rp 17 Jutaan

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 04 Des 2022 11:37 WIB
Solar Groove
Solar Groove Foto: Dok. Motorexpo Thailand
Jakarta -

Tren motor bebek retro rasanya belum sirna, sebab muncul lagi merek baru Solar dari pabrikan Thrillion Motor Co., Ltd., yang berbasis di Thailand. Solar Groove, begitu namanya, motor bebek retro itu meluncur dalam pameran Thailand Motor Expo 2022.

Secara umum tampilan dari Solar Groove mengingatkan desain khas dari Honda Supercub C125. Beberapa di antaranya penggunaan lampu bulat, sayap samping yang menjadi satu kesatuan, dan sadel tempat duduk terpisah yang menyerupai sepeda.

Solar GrooveSolar Groove Foto: Dok. Motorexpo Thailand

Tampilan belakang Solar Groove juga mempertahankan kesan oldiest, di mana spakbor menyatu dengan body motor. Pun ala Supercub C125, silincer knalpot dibuat memanjang.

Nuansa motor jadul masih terasa dengan cover rantai yang tertutup ala motor supercub. Kesan jadul dari motor dipertegas dengan penggunaan velg jari-jari beserta rem tromol depan dan belakang.

Solar GrooveSolar Groove Foto: Dok. Motorexpo Thailand

Ada beberapa jenis Solar Groove yang ditawarkan, misalnya Solar Groove Urban untuk desain retro, dan Groove Cross 125 yang punya gaya ala motor petualang dengan penggunaan ban tahu dan ground clearance mencapai 177 mm.

Soal teknis, Solar Groove dibekali jantung 125 cc satu silinder, SOHC, 4-tak dan berpendingin udara. Pengapiannya CDI (Capasitor Discharge Ignition) tapi sudah dibekali electric starter dan kick starter.

Solar GrooveSolar Groove Foto: Dok. Motorexpo Thailand

Menariknya saat sistem injeksi sekarang menjadi tren, Solar Groove masih dibekali sistem pengabutan karburator. Di atas kertas Solar Groove bisa memuntahkan tenaga 8,1 hp di 8.000 rpm dan torsi maksimal 8,8 Nm di 6.000 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi 4-percepatan. Motor ini diklaim bisa berlari hingga 90 km/jam.

Soal harga Solar Groove dijual mulai dari 39.900 baht atau sekitar Rp 17 jutaan di Thailand. Dengan harga segitu, apakah tertarik untuk membelinya?

*1 Baht = Rp 442,52



Simak Video "Harga LCGC Termahal Naik, Brio Satya Nyaris Rp 190 Juta!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT