Honda, Yamaha Sudah Bawa Motor Listrik ke RI, Kawasaki Kapan?

ADVERTISEMENT

Honda, Yamaha Sudah Bawa Motor Listrik ke RI, Kawasaki Kapan?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 09 Nov 2022 17:37 WIB
Kawasaki EV
Kawasaki EV (Foto: doc. visordown)
Jakarta -

Indonesia sudah mulai mendorong penggunaan sepeda motor listrik. Belum ada pabrikan Jepang yang menjual sepeda motor listrik di Indonesia, termasuk Kawasaki.

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meyakini motor listrik adalah keniscayaan. Pabrikan yang fokus menjual motor sport dan off road ini belum mau memasarkan karena masih dalam tahap rencana.

"Naninya pasti (motor listrik) karena pemerintah mulai push, yang pasti kita juga akan masuk nantinya," kata Head Sales & Promotion PT KMI, Michael C. Tanadhi saat ditemui di Jakarta Pusat, Senin (7/11/2022).

Michael mengatakan lewat push bike untuk anak-anak "Elektrode" menjadi salah satu bukti Kawasaki bakal ikut bermain di pasar motor listrik. Motor tersebut akan dijual tahun depan dengan harga di kisaran Rp 20 jutaan.

"Belum ada info (soal kapan mulai jual motor listrik), cuma sebagai awalnya kan kemarin di PRJ ngeluarin yang motor kecil listrik push bike itu sebagai langkah pertama kita untuk masuk ke listrik," kata Michael.

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga memperkenalkan Elektrode, yaitu sepeda listrik untuk anak-anak. Penasaran?Kawasaki Elektrode Foto: Andhika Prasetia/detikcom

"Tahun depan dijual, tentative masih di RP 20 jutaan, ada minat tetapi kita belum buka pemesanan, belum ready," tambah dia.

Seperti diketahui, Kawasaki baru memamerkan motor listrik di ajang Intermot Show 2022 di Jerman. Bentuknya naked sport ala Z250, namun knalpot dan mesin sudah hilang.

Michael sendiri mengaku belum mendapatkan info dan spesifikasi dari Kawasaki EV tersebut. Kawasaki menjelaskan motor listrik Kawasaki EV ini memiliki tenaga setara dengan motor dengan kapasitas 125cc. Meski demikian, Kawasaki menyebut motor listrik mereka ini baru akan diproduksi mulai tahun depan.

Kawasaki menyatakan setidaknya pada 2025 mereka sudah memiliki 10 line up motor listrik.

"Untuk modelnya kita masih wait and see, kita lihat dulu bagaimana. Yang di Intermot pun Kawasaki Indonesia belum dapet official info soal spek dan segalanya jadi belum bisa komen apakah itu nantinya yang akan masuk di Indonesia atau enggak," tambah Michael.

Saat ini baru dua pabrikan raksasa sepeda motor Jepang yang mengenalkan motor listrik di Indonesia, yakni Honda PCX Electric dan Yamaha E01.



Simak Video "Kenapa Motor Listrik 'Belum Laku' di Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT