Terjawab! Ini Alasan Suzuki Belum Kenalkan Motor Listrik di Indonesia

ADVERTISEMENT

Terjawab! Ini Alasan Suzuki Belum Kenalkan Motor Listrik di Indonesia

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Selasa, 08 Nov 2022 16:18 WIB
Booth Suzuki di IMOS 2022.
Kenapa Suzuki belum luncurkan motor listrik? Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com
Jakarta -

Berbeda dengan Yamaha dan Honda, Suzuki masih terlihat ragu-ragu mengenalkan motor listrik di Indonesia. Bahkan, hingga sekarang, belum jelas model seperti apa yang hendak mereka jual di Tanah Air.

Teuku Agha selaku 2W Sales & Marketing Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, pihaknya akan mendatangkan motor listrik ke Indonesia selambat-lambatnya dua tahun lagi.

"Kita masih ngikutin planning pemerintah, tapi kita sudah bikin roadmap-nya. Yah.. sekitar satu atau dua tahun lagi lah," ujar Teuku Agha saat ditemui di bilangan Jakarta Pusat, belum lama ini.

Suzuki sedang menyiapkan skutik Suzuki Burgman versi listrik. Suzuki tertangkap kamera sedang menguji Suzuki Burgman Electric. Motor listrik yang mirip dengan Suzuki Burgman Street ini bakal diluncurkan tahun ini.Ilustrasi motor listrik Suzuki. Foto: Dok. MotorBeam

Menurut Agha, ada sejumlah alasan yang membuat pihaknya belum mengenalkan motor listrik di Indonesia. Sebab, kata dia, Suzuki tengah 'meracik' produk elektrik dengan kualitas di atas rata-rata. Sehingga, pengembangannya membutuhkan waktu lama.

"Sekarang kita lagi pelajarin bagaimana bikin produk (elektrifikasi) dengan bagus," tegasnya.

Sebelumnya, Suzuki India sempat menguji coba Burgman EV di jalan raya. Kendaraan tersebut konon akan menjadi motor listrik pertama pabrikan yang dipasarkan secara global.

Suzuki Burgman EV di India.Suzuki Burgman EV di India. Foto: Rushlane.

Namun, Burgman EV agaknya tak berpeluang masuk ke Indonesia. Selain model regularnya tak ada, Teuku Agha juga memastikan, motor listrik yang nantinya dipasarkan di Tanah Air akan berstatus 'ASEAN product' atau produk yang hanya dijual di kawasan Asia Tenggara.

"Kita mainnya nanti ASEAN product. Moden ASEAN punya lah," kata Agha.

Diketahui, dua pesaing utama Suzuki di pasar roda dua Indonesia, Honda dan Yamaha telah mengenalkan produk elektrifikasinya. Meski belum dijual, namun setidaknya mereka sudah menampilkan unitnya secara publik.

Yamaha menghadirkan model E01 dengan desain premium, sementara Honda menghadirkan tiga produk sekaligus, yakni PCX EV, Benly E dan Gyro E.



Simak Video "Alasan Suzuki Indonesia Doyan Jual Mobil-Motor dari India"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT