Sama-sama Bermesin 125 cc, Pilih Yamaha FreeGo atau Suzuki Avenis?

ADVERTISEMENT

Sama-sama Bermesin 125 cc, Pilih Yamaha FreeGo atau Suzuki Avenis?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 07 Nov 2022 14:37 WIB
Yamaha FreeGo dan Suzuki Avenis
Foto: Dok. Istimewa. Yamaha FreeGo dan Suzuki Avenis.
Jakarta -

Suzuki kembali meluncurkan produk baru di segmen skutik 125 cc bernama Avenis 125. Tak berselang lama, skuter buatan India itu langsung mendapatkan penantang baru dari kubu Yamaha yang memperkenalkan produk facelift FreeGo di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022. Seperti apa perbandingan dua skuter ini?

Desain dan Dimensi

Dari sisi desain, FreeGo terbaru hadir dengan desain muka yang agresif. Berbeda dengan pendahulunya yang memiliki raut muka yang terkesan membulat. Ubahan juga tampak pada fairing dan bodi belakang, serta tambahan kompartemen depan untuk menaruh botol minuman.

Secara dimensi, FreeGo memiliki panjang 1.905 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.115 mm. Skuter ini punya jarak terendah ke tanah atau ground clearance mencapai 135 mm.

Lanjut ke Suzuki Avenis, mengedepankan unsur sporty dengan garis-garis serba tajam, yang tampak dari bagian depan, hingga bagian belakang. Skuter ini juga memiliki bodi belakang yang cenderung besar dan bulat. Namun sayang profil ban belakang terlihat kekecilan.

Suzuki Avenis memiliki panjang 1.895 mm, lebar 710 mm, tinggi 1.175 mm, serta ground clearance 160 mm. Yang unik pada motor ini, tangkinya terdapat pada bagian belakang, dan tutup tangkinya ada di ujung bodi belakang.

Yamaha FreeGo 125Yamaha FreeGo 125 Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Fitur dan Akomodasi

Yamaha FreeGo didukung sejumlah fitur unggulan. Mulai dari fitur Y-Connect untuk menghubungkan motor dengan smartphone pengendara, Electric Power Socket buat mengisi ulang daya baterai smartphone atau gadget lainnya, lampu hazard, hingga fitur keyless dan Stop & Start System (SSS).

Lalu dari segi akomodasi, FreeGo merupakan juara di kelasnya, sebab motor ini dibekali bagasi yang mampu menampung volume hingga 25 liter, seperti di Yamaha Nmax. FreeGo bisa mendapatkan bagasi seluas itu karena area tangki dan lubang tangki sudah dipindah ke depan.

Geser ke Suzuki Avenis, motor ini dilengkapi teknologi Suzuki Easy Start System, Safety Shutter Key, Side Stand Engine Cut-Off Switch, Brake Lock System, ICBS (Integrated Combined Braking System), dan juga panel instrumen digital.

Soal akomodasinya, memang tidak sebesar dan seluas FreeGO. Avenis hanya memiliki kompartemen bawah jok sebesar 21,8 liter. Namun di bagian depan, disebut ada kompartemen yang bisa menampung volume 1 liter dan 1,6 liter. Oh iya, untuk mengisi bensin di motor ini lubang tangkinya ada di belakang.

Suzuki Avenis 125Suzuki Avenis 125 Foto: Dok. Suzuki

Mesin dan Performa

Yamaha FreeGo dibekali mesin 125 cc, SOHC, yang mampu menghasilkan tenaga 9,4 dk pada 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm. Mesin tersebut sudah menggunakan sistem pendingin cairan.

Sementara Suzuki Avenis menggendong mesin 125 cc, SOHC, berteknologi SEP (Suzuki Eco Performance), yang bisa menghasilkan 8,6 dk pada 6.750 rpm dan torsi 10 Nm pada 5.500 rpm. Motor ini masih menggunakan sistem pendingin udara.

Harga dan Pilihan Warna

Yamaha FreeGo 125 hadir dalam dua tipe. Tipe Connected dengan dua varian warna Matte Green dan Prestige Silver dipasarkan Rp 23.200.000, untuk tipe standarnya hadir dalam empat varian warna, yakni Matte Blue, Metallic Red, Metallic Yellow, dan Matte Black seharga Rp 21.400.000. Harga tersebut OTR (On The Road) Jakarta.

Sedangkan Suzuki Avenis 125 hadir dalam satu tipe dan tiga pilihan warna, yakni Pearl Mirage White/Metallic Matte Fibroin Grey, Mettallic Matte Black/Glass Sparkle Black, dan Metalic Matte Fibroin Grey/Metallic Lush Green. Avenis 125 dapat segera dimiliki dengan harga Rp 29.970.000 On The Road Jakarta.



Simak Video "Alasan Suzuki Indonesia Doyan Jual Mobil-Motor dari India"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT