Ternyata Ini Arti Nama Desmosedici GP22 pada Motor Pecco Bagnaia

ADVERTISEMENT

Ternyata Ini Arti Nama Desmosedici GP22 pada Motor Pecco Bagnaia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 07 Nov 2022 10:36 WIB
BARCELONA, SPAIN - JUNE 5: Francesco ‘Pecco’ Bagnaia of Italy and Ducati Lenovo Team in action during the Moto GP of Catalunya at Circuit de Barcelona-Catalunya on June 5, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Joan Cros Garcia - Corbis/Corbis via Getty Images)
Arti nama Ducati Desmosedici GP22 tunggangan Pecco Bagnaia (Foto: Corbis via Getty Images/Joan Cros Garcia - Corbis)
Jakarta -

Francesco Pecco Bagnaia menjadi Juara Dunia MotoGP 2022. Motor Ducati Desmosedici GP 22 mengantarkan Pecco menjuarai MotoGP tahun ini. Tapi, tahukah kamu arti dari nama motor Ducati Desmosedici GP22?

Desmosedici merupakan nama yang disematkan Ducati untuk motor balapnya di MotoGP. Desmo mengacu pada nama mesin motor Ducati, Desmodromic. Ducati Desmosedici GP22 memiliki spesifikasi mesin 1.000 cc, liquid-cooled, 90° V4, 4-stroke, Desmodromic DOHC, four valves per cylinder.

Desmodromic atau sering disingkat Desmo adalah ciri khas dari mesin motor-motor Ducati. Nama Desmodromic diambil dari bahasa Yunani yang artinya 'balapan yang terhubung'. Bedanya mesin Desmo milik Ducati dengan mesin konvensional lainnya adalah pada sistem katupnya.

Pada mesin konvensional, katup atau valve atau klep yang menjadi pintu masuk/keluar udara pada mesin akan naik-turun untuk memasok udara dan bahan bakar saat proses intake, dan mengeluarkan gas sisa pembakaran saat proses exhaust. Di mesin pada umumnya, klep yang naik turun itu menggunakan per atau pegas. Per tersebut akan ditekan oleh sebuah tonjolan (cam) di camshaft agar klep terbuka, sementara untuk menutup kembali klep tersebut, per akan otomatis mengangkatnya.

PHILLIP ISLAND, AUSTRALIA - OCTOBER 16:  Francesco Bagnaia of Italy and Ducati Lenovo Team celebrates the third place on the podium during the MotoGP race during the MotoGP of Australia at Phillip Island Grand Prix Circuit on October 16, 2022 in Phillip Island, Australia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Francesco Bagnaia saat menggeber Ducati di MotoGP Australia 2022 (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Foto: Getty Images

Bedanya, pada mesin Desmodromic khas Ducati, katup tidak dilengkapi dengan per. Mekanismenya sedikit lebih kompleks, meski cara kerjanya tetap sama yaitu dengan membuka-tutup klep. Kalau di mesin biasa satu klep dilengkapi dengan satu tonjolan cam untuk membuka klep dan menutupnya mengandalkan per, di mesin Desmodromic untuk membuka-tutup satu klep ada dua tonjolan atau cam, satu berfungsi untuk membuka klep dan satu lagi untuk menutup klep.

Keuntungan dari penggunaan komponen ini adalah mesin bisa digeber sampai RPM tinggi. Sebab, kalau cuma mengandalkan per atau pegas biasa, saat digeber untuk balapan ada kemungkinan per tersebut bisa rusak karena mesin berputar terlalu tinggi.

Ducati Desmosedici GP22Ducati Desmosedici GP22 Foto: Ducati

Lanjut ke arti nama Desmosedici. Setelah tahu arti dari Desmo, kini giliran kata 'Sedici'. Kata 'Sedici' diambil dari bahasa Italia yang artinya enam belas (16). Ini menggambarkan mesin Ducati Desmosedici memiliki total 16 katup yang digerakkan oleh sistem Desmodromic.

Lalu, GP artinya motor ini digunakan di MotoGP. Sementara dua angka di belakangnya (22) adalah seri untuk menunjukkan tahun motor itu digunakan untuk kompetisi.



Simak Video "Siap Dipakai Rally! Ini Tampang Ducati Desert X Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT