Bedah Spesifikasi Skuter Listrik Yamaha E01, Torsi Lebih Gahar dari Motor 250 cc

ADVERTISEMENT

Bedah Spesifikasi Skuter Listrik Yamaha E01, Torsi Lebih Gahar dari Motor 250 cc

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 27 Okt 2022 12:08 WIB
Test ride skuter listrik Yamaha E01
Test ride skuter listrik Yamaha E01. Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)
Jakarta -

Yamaha resmi mengungkap detail spesifikasi skuter listrik prototipe mereka, Yamaha E01. Dari data tersebut, diketahui E01 memiliki torsi yang sangat besar, bahkan melebihi torsi motor 250 cc.

Yamaha belum secara resmi memperkenalkan dan menjual Yamaha E01 di Indonesia. Pekan ini detikOto bersama beberapa media nasional mendapat kesempatan langsung menjajal motor listrik, yang rasanya mirip sekali dengan Nmax.

Berikut spesifikasi lengkap Yamaha E01:

1. Futuristic Design

E01 tampil dengan konsep Human-Centric Justaposed Design, yang menonjolkan kesan modern serta cleanness. Konsep ini menggabungkan dua objek, tema, material dan warna sehingga menghasilkan visualisasi sangat kontras. Bagian bodi motor dibalut warna putih mutiara, sementara part fungsional diberi sentuhan warna hitam. Stripping dan logo Yamaha juga hadir dengan tema warna Cyan atau "Yamaha Aqua". Ini merupakan gabungan dari warna biru racing Yamaha yang ikonik dengan warna hijau yang merepresentasikan warna alam.

2. Powerful Electric Scooter

E01 dilengkapi sumber tenaga baterai lithium Ion yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 8,1 kW. Dengan tenaga itu, skuter listrik ini bisa mencapai kecepatan tertinggi hingga 100 km/jam (bergantung pada kondisi jalan, bobot pengendara, serta cara berkendara).

3. Driving Mode

Untuk mengakomodasi karakter berkendara penggunanya yang beragam, E01 juga dilengkapi 3 mode berkendara, yaitu Power, Standard, dan Eco. Mode Power cocok digunakan untuk menghadapi jalanan menanjak yang membutuhkan tenaga dan akselerasi tinggi. Lalu mode Standard, bisa digunakan buat berkendara di jalanan perkotaan yang cenderung datar sehingga tidak membutuhkan tenaga besar dalam bermobilitas. Sementara mode Eco, disarankan digunakan ketika melakukan perjalanan jarak jauh untuk menghemat konsumsi baterai.

4. EV Motor

Salah satu keunggulan dari kendaraan listrik E01 adalah motor penggerak listrik yang memiliki rpm tinggi. Mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,1 kW /5.000 r/min dan torsi 30,2 Nm/1.950 r/min dalam mode berkendara power, membuat tarikan motor tetap responsif ketika berkendara berdua dan juga
melewati jalan menanjak. Sementara pada mode Standard tenaganya 8,1 kW/5.000 r/min dan torsinya 24,5 Nm/1.500 r/min. Lalu di mode Eco, tenaga yang bisa dihasilkan adalah 5,4 kW/4.500 r/min dan torsinya 21,4 Nm/1.500 r/min.

Torsi maksimal yang bisa dihasilkan skuter listrik E01 itu lebih besar dari kemampuan motor 250 cc konvensional. Sebagai perbandingan, Yamaha Xmax memiliki torsi maksimal 24,3 Nm pada 5.500 rpm, lalu Yamaha MT-25 punya torsi maksimal sebesar 23,6 Nm pada 10.000 rpm.

Yamaha E01Yamaha E01 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

5. Lithium Ion Battery

E01 menggunakan sumber tenaga fixed baterai Lithium-ion yang dilengkapi dengan built ini Battery Management System. Memiliki kapasitas sebesar 4,9 kWh dan daya 87,6 V / 56,3 Ah membuat E01 mampu menempuh jarak sejauh 104 km (berdasarkan tes internal dengan kecepatan konstan 60 km/jam) dalam kondisi bateri terisi penuh.

6. Reverse Mode

Kendaraan listrik E01 juga telah dilengkapi dengan fitur Reverse Mode yang memudahkan penggunanya ketika sedang parkir. Dengan hadirnya fitur ini, pengendara dapat berkendara mundur dengan kecepatan 1 km/ jam. Cara untuk mengoperasikan fitur ini cukup dengan menekan dan menahan tombol "R" yang berada di bagian kiri setang, hingga muncul tulisan "R" pada layar mode berkendara yang diikuti dengan menyalanya lampu indikator berwarna orange. Setelah itu, lanjutkan dengan menekan dan menahan tombol "Mode" pada stang kemudi di sebelah kanan untuk menggerakan motor ke belakang.

7. Regenerative Brake

Fitur unggulan lain yang terdapat pada skutik listrik ini adalah Regenerative Brake. Fitur ini berfungsi layaknya engine brake pada kendaraan konvensional (Internal Combustion Engine) sehingga membuat proses deselarasi menjadi lebih halus.

8. Y-Connect

E01 juga telah dilengkapi dengan fitur Y-Connect dan juga SIM card bersifat build in. Dengan hadirnya Y- Connect, pengguna bisa mendapatkan informasi terkait waktu pengisian baterai, jarak tempuh baterai, konsumsi baterai, lokasi parkir, histori pejalanan terakhir, rute berkendara, rata-rata kecepatan, ODO
meter, dan notifikasi ketika baterai sudah penuh serta saat motor mengalami malfungsi.

Selain itu, E01 juga dilengkapi dengan perangkat GPS (anti-theft) yang memungkinkan penggunanya dapat memantau lokasi motor secara real time, meski motor dalam kondisi mati dan berada jauh dari penggunanya.

9. 3 Charger Option

Kepraktisan dan kemudahan bagi para pengguna E01 dalam mengisi daya baterai kendaraan diberikan oleh Yamaha melalui hadirnya 3 opsi charger yang tersedia, yaitu Fast Charger, Normal Charger, dan juga Portable Charger.



Simak Video "First Ride Yamaha E01: Motor Listrik Paling Enak, Tapi Sayang..."
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT