Ridwan Kamil Rancang Motor Listrik, Bisa Dicas di Rumah Pakai Daya 450 VA

ADVERTISEMENT

Ridwan Kamil Rancang Motor Listrik, Bisa Dicas di Rumah Pakai Daya 450 VA

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 07 Okt 2022 18:21 WIB
Motor Listrik Rancangan Ridwan Kamil
Motor Listrik Rancangan Ridwan Kamil (Foto: Pool)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merancang sebuah motor listrik bergaya motor gede (moge) bobber. Motor listrik rancangan Ridwan Kamil itu dipamerkan di West Java Investment Summit 2022 di Trans Hotel, Kota Bandung.

Motor listrik ini diberi nama RKG 5000, kependekan dari Ridwan Kamil Gesits 5000. Ini merupakan motor listrik rancangan Ridwan Kamil yang sketsanya digambar saat Gubernur Jawa Barat itu mengunjungi pabrik Gesits di Cileungsi.

Atep Supriadi, teknisi dan pelaksana rancang bangun motor bobber RKG 5000 mengatakan, ini baru berupa prototipe yang dibuat hanya satu unit. Namun, motor listrik ini sudah diuji coba jalan.

Jika masyarakat banyak yang berminat, nantinya bisa diproduksi massal atau manufacturing ," ujarnya dikutip dari situs resmi Pemprov Jawa Barat.

Motor listrik hasil rancangan Ridwan Kamil ini bisa dicas penuh menggunakan colokan standar di rumah. Bahkan, rumah dengan listrik terendah sekalipun bisa ngecas motor listrik ini.

"Motor ini bisa di- charge di rumah dengan daya terendah sekalipun, yaitu 450 VA, dan tentu bisa juga di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum), dengan lama pengisian hingga penuh antara tiga sampai empàt jam," ungkap Atep.

Menurut Atep, yang lebih membanggakan, selain motor ini khusus dirancang oleh Kang Emil, RKG 5000 juga merupakan karya anak bangsa dari sisi rancang bangun.

Ridwan Kamil Desain Motor Listrik Gesits Versi BobberRidwan Kamil Desain Motor Listrik Gesits Versi Bobber Foto: Dok. Instagram Ridwan Kamil

Desain motor listrik ini pernah dipamerkan Ridwan Kamil dalam bentuk sketsa pada 2021 lalu. Dalam gambar yang tersaji bentuknya seperti ciri khas pada motor bobber: desainnya padat, dan bongsor.

Saat itu, Kang Emil menyebut progress desain motor listrik yang berawal dari coretan tangannya itu merupakan hasil kolaborasi dengan PT Wijaya Karya Manufaktur yang memproduksi motor listrik Gesits. Adapun kemampuan jelajah motor ini disebut-sebut bisa sampai 100 kilometer.

Untuk mendukung karakter berotot, terlihat motor menggunakan profil ban yang gemuk, posisi stang normal, dan posisi duduknya rendah. Sedikit ke belakang, motor ini dilengkapi dengan jok tunggal. Tampak baterai motor listrik ini diltakkan mirip seperti mesin boxer yang biasanya ada di motor-motor gede.



Simak Video "Pemerintah Beri Subsidi Harga Motor Listrik, Siapa yang Untung?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT