ADVERTISEMENT

Kantor Jokowi Kini Pakai Motor dan Skuter Listrik

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 06 Sep 2022 18:55 WIB
Motor Listrik Gesits Digunakan di Istana Kepresidenan
Motor Listrik Digunakan di Istana Kepresidenan (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Istana Kepresidenan mulai menggunakan kendaraan listrik untuk operasional. PT PLN (Persero) memberikan beberapa kendaraan listrik untuk Istana Kepresidenan.

Ada beberapa unit kendaraan listrik yang diberikan PT PLN untuk Istana Kepresidenan. Di antaranya skuter listrik Gesits hingga motor listrik roda tiga bak terbuka.

"Kami juga ingin membantu bagaimana istana juga bisa menggunakan kendaraan listrik maupun motor listrik," kata Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dalam video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/9/2022).

"Tentu saja dengan pergeseran transportasi yang tadinya berbasis pada BBM, yang berbasis energi impor, energi yang jauh lebih mahal, energi yang lebih kotor, digantikan dengan transportasi yang berbasis pada listrik," ungkap Darmawan.

Dalam video tersebut, tampak beberapa skuter listrik Gesits yang diberikan untuk Istana Kepresidenan. Skuter listrik Gesits itu memiliki warna putih.

Motor listrik Gesits dibekali motor Permanent Magnet Synchronous Motor yang disalurkan melalui transmisi Pulley Belt. Gesits memiliki baterai Li-NCM 72Volt 20Ah. Tenaga maksimalnya bisa mencapai 6,7 daya kuda dengan torsi maksimal 30 Nm.

Akselerasi 0-50 km/jam cuma butuh 5 detik. Kecepatan tertingginya mencapai 70 km/jam. Dengan satu baterai, motor listrik Gesits bisa menempuh jarak 50 km. Jika membawa dua baterai daya jangkaunya bertambah menjadi 100 km.

Saat ini motor listrik Gesits juga bisa dibeli secara online di e-commerce. Motor listrik Gesits dijual dengan harga Rp 28.970.000 on the road DKI Jakarta.

Selain Gesits, ada motor roda tiga dengan bak terbuka yang akan digunakan di Istana Kepresidenan. Motor roda tiga itu adalah Volta 501. Motor roda tiga ini dirancang untuk kendaraan komersial.

Volta juga membekali Volta 501 ini dengan baterai Lead Acid berkapasitas 60V 58Ah, yang diklaim mampu berjalan hingga 70 km dalam kondisi baterai penuh. Sedangkan untuk pengecasannya, Volta 501 punya input pengecasan sebesar 220 V dan diklaim mampu mengecas secara penuh dalam waktu enam sampai delapan jam.

Lalu untuk sektor dapur pacu, daya dari baterai listriknya langsung menuju ke motor listrik berjenis DC Brushless motor dengan tenaga 1.200 Watt. Volta mengklaim, Volta 150 ini dapat berjalan maksimal di 30 km/jam.

Volta 501 hadir dalam berbagai tipe, mulai dari Volta 501, Volta 501 Cabin, dan Volta 502 Dump. Untuk harganya, Volta membanderol motor listrik niaga ini dengan harga mulai dari Rp 42.600.000 dalam status on the road DKI Jakarta.



Simak Video "Kenapa Motor Listrik 'Belum Laku' di Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT