ADVERTISEMENT

Beda Rp 1 Jutaan dengan Xmax, Aprilia SR-GT Bukan Buat Kaum Mendang-mending

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 02 Agu 2022 14:33 WIB
Aprilia SR-GT
Aprilia SR-GT 200. (Foto: Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Aprilia menggebrak pasar skutik dengan menghadirkan skuter adventure sport, Aprilia SR-GT 200 ke Tanah Air. Dengan harga Rp 60 jutaan yang beda-beda tipis dengan skutik 250 cc Yamaha Xmax, Aprilia SR-GT jelas bukan untuk kaum mendang-mending. Ini alasannya.

Sebagai informasi, Aprilia SR-GT masih diimpor secara utuh dari Vietnam. Motor ini ditawarkan dalam dua varian dan harga, model standar dengan harga Rp 60.000.000 dan model sport dengan banderol Rp 61.500.000.

Harga varian tertinggi Aprilia SR-GT hanya terpaut Rp 1.040.000 dari Yamaha Xmax yang dibanderol Rp 62.540.000. Dengan beda harga sekecil itu, Xmax jelas terasa lebih worth to buy karena skutik ini mengusung mesin 250 cc yang lebih bertenaga mesinnya.

Yamaha Xmax 250 versi 2022Yamaha Xmax 250 Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Terlebih Xmax sudah dirakit secara lokal di pabrik PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang tentunya akan membuat harga sparepart Xmax jadi lebih terjangkau, serta ketersediannya lebih terjamin.

Dari segi fitur, Xmax sudah dibekali dengan sistem kunci keyless, windshield yang bisa disetel, lalu ada pula fitur kontrol traksi, dan kapasitas bagasi jumbo yang diklaim bisa menampung dua buah helm full face ukuran XL.

Lalu jika kita menilik Aprilia SR-GT, dengan banderol Rp 60 jutaan, motor ini mengusung mesin 174 cc, i-get, yang menawarkan 13 kW pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7.000 rpm. Skutik ini juga sudah dibekali fitur kekinian, seperti panel instrumen full digital, idling stop system, dan lampu full LED.

Ototest Aprilia SR-GT 200Aprilia SR-GT 200 Foto: Andhika Prasetia/detikOto

Sayangnya, Aprilia SR-GT belum dilengkapi dengan sistem kunci keyless. Meski begitu, sudah ada fitur immobilizer yang bisa mencegah potensi pencurian. Kemudian di skutik ini windshield-nya menggunakan model fix, sehingga tidak bisa disetel level ketinggiannya.

Kekurangan lain di skutik ini adalah, minimnya kompartemen penyimpanan di bagian depan, selain itu sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) yang ada di Aprilia SR-GT masih menganut model satu channel, yakni di roda depan saja.

Namun kembali lagi, Aprilia SR-GT 200 bukanlah motor untuk kaum 'mendang-mending'. Di luar keterbatasannya, skutik ini tetap menjadi pilihan menarik di tengah kebosanan konsumen terhadap skutik-skutik buatan Jepang.

Ototest Aprilia SR-GT 200Aprilia SR-GT 200 memiliki kapabilitas di medan offroad Foto: Andhika Prasetia/detikOto

Aprilia SR-GT 200 secara desain menggabungkan konsep sporty dan adventure. Skutik ini asyik digunakan untuk riding di jalanan perkotaan, tapi di sisi lain juga memiliki kapabilitas untuk diajak melintas di medan offroad, dengan ground clearance yang tinggi dan suspensi depan yang memiliki travel panjang.

"Aprilia selalu berupaya membawa aura dan semangat dari sirkuit MotoGP yang kompetitif dan bergengsi ke jalanan di Indonesia. Salah satunya dengan menghadirkan Aprilia SR-GT 200 sebagai produk terbaru dari keluarga Aprilia yang tetap setia pada esensi brand Aprilia yaitu 'designed for racers, built for riders', namun tetap relevan untuk berkendara sehari-hari, sehingga dapat menjawab kebutuhan akan skuter matik premium yang unique, stylish, serta sporty," kata Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega.



Simak Video "Ototes Skutik Aprilia Asal Italia SR GT 200"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT