Nggak Mau Kalah dari Honda dan Yamaha, Suzuki Siap Bikin Skuter Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 22 Jun 2022 10:16 WIB
Gambar paten skuter listrik Suzuki
Gambar paten skuter listrik Suzuki (Foto: Visordown)
Jakarta -

Honda dan Yamaha jadi merek Jepang terdepan dalam pengembangan skuter listrik. Tak ingin ketinggalan dengan para kompetitor, Suzuki siap membuat skuter listrik dengan basis skuter konvensional, Burgman.

Mengutip laman Visordown, Suzuki sedang memasuki tahap pengembangan listrik. Buktinya, paten gambar calon skuter listrik Suzuki baru-baru ini bocor. Dari sketsa yang beredar di dunia maya, skuter listrik Suzuki ini tampak mengambil basis dari Burgman 125.

Dibanding Honda dan Yamaha, Suzuki memang cukup tertinggal dari segi elektrifikasi. Honda telah memiliki skuter listrik PCX, sementara Yamaha sudah memperkenalkan prototipe skuter listrik E01. Kedua skuter ramah lingkungan itu bahkan sudah hadir di Indonesia, meski belum dijual resmi.

Suzuki sendiri sedang berupaya mengejar ketertinggalan itu. Bahkan merek yang bermarkas di Hamamatsu ini rela meninggalkan kompetisi MotoGP agar dananya bisa dialokasikan ke pengembangan kendaraan listrik full baterai.

Di Eropa, merek-merek otomotif kondang juga sudah banyak yang melahirkan motor listrik full baterai, seperti halnya KTM yang memiliki E-Duke, serta Husqvarna yang memiliki E-Pilen.

Kembali ke Jepang, baru-baru ini Kawasaki memperkenalkan sepeda listrik untuk anak-anak. Nah, agar Suzuki tidak semakin ketinggalan, maka menjadi kewajiban bagi Suzuki untuk mengembangkan dan melahirkan produk motor listrik. Jika melihat sketsa paten skuter listrik Suzuki yang beredar, motor tersebut cocoknya dinamakan sebagai 'E-Burgman'.

(lua/din)