Mobil Listrik Baru dan Buatan Indonesia Bakal Meluncur Tahun Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 16 Mar 2022 20:46 WIB
Hyundai Ioniq 5
Hyundai Ioniq 5 (Ridwan Arifin/detikoto)
Jakarta -

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi membocorkan, selain mobil listrik buatan Indonesia, industri otomotif Tanah Air makin ramai dengan kehadiran merek baru. Rencananya merek baru akan meluncur pada Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022.

"Untuk mobil listirk, saya rasa akan segera ada. Tunggu saja dalam beberapa bulan, tunggu pas GIIAS, kita akan launching. Merek baru, mobil baru. Tunggu saja," kata Nangoi saat ditemui di Jakarta Auto Week 2022, Selasa (15/3/2022).

Nangoi membeberkan akan ada lokalisasi produk mobil listrik lagi di Tanah Air. Seperti diketahui PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang akan menjadi perusahaan industri otomotif pertama di Indonesia yang melakukan proses produksi kendaraan listrik pada Maret 2022. Pada tahap awal, HMMI akan memproduksi 1.000 unit kendaraan listrik per tahun, salah satunya Ioniq 5.

Nangoi mengatakan pada September 2022 nanti akan ada model lain yang akan diproduksi di Indonesia. Namun untuk modelnya belum bisa dibocorkan.

"Minggu besok ada undangan pabrik mobil listrik untuk diproduksi di Indonesia. Kemudian bulan September akan ada mobil listrik produksi lagi di Indonesia," ujar Nangoi.

Terakhir Nangoi bilang bahwa model lain yang akan meluncur pada gelaran GIIAS 2022.

"Kemudian di Agustus, di GIIAS, itu nanti akan ada launching merek-merek baru dan produk listrik yang kita launching," tutur Nangoi.

Salah satu prediksinya datang dari merek Chery, merek ini akan kembali jualan mobil di Indonesia. Produsen mobil asal China Chery berencana akan memperkenalkan mobil listrik mereka pada 2022.



Simak Video "Ternyata Ini Alasan Kenapa Mobil Listrik Masih Sepi Peminat di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)