Nimbus si Motor Listrik 3 Roda yang Gunakan Setir dan Punya Atap

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 11 Jun 2022 11:58 WIB
Skuter listrik Nimbus One
Skuter listrik Nimbus One Foto: doc. autoblog/Nimbus
Jakarta -

Hidup di kota-kota besar mobilitas yang efisien menjadi hal penting, sehingga wajar jika kendaraan listrik kerap dipilih terutama motor listrik. Kali ini pecinta kendaraan ramah lingkungan bakal punya pilihan kendaraan listrik baru yang diklaim bakal asyik dikendarai di kota-kota besar.

Dikutip autoblog, masyarakat kota-kota besar dinilai sudah mulai beralih dan meninggalkan kendaraan konvensional, serta lebih memilih menggunakan kendaraan listrik. Bahkan e-bike dan skuter listrik kerap menjadi pilihan.

Nah kali ini perusahaan startup asal California, Nimbus, memperkenalkan kendaraan listrik baru yang disapa Nimbus One. Dijelaskan Nimbus merupakan kendaraan listrik yang beroperasi layaknya skuter listrik, namun memiliki sistem keamanan terbaik layaknya sebuah mobil.

Jika dilihat dari tampilannya, Nimbus One memiliki tampilan unik dengan memiliki lebar 2,75 kaki dan panjang 7,5 kaki (2 meteran), sehingga dinilai kendaraan ini akan lebih nyaman dikendarai dijalanan sempit. Saat beroperasi Nimbus One bisa miring layaknya sepeda motor atau skuter.

Skuter listrik Nimbus OneSkuter listrik Nimbus One Foto: doc. autoblog/Nimbus

Nimbus mungkin terkesan hanya memiliki satu penumpang, meski demikian Nimbus One memiliki ruang di belakang kursi pengemudi untuk penumpang lain atau penyimpanan untuk barang-barang seperti belanjaan, bahkan bagian belakang tersebut dijelaskan juga bisa dialih fungsikan untuk menyelipkan kursi bayi.

"Skuter itu menyenangkan, tetapi juga berbahaya namun ramping, jadi itu menyenangkan. Kendaraan kami melakukan hal yang sama, tetapi membutuhkan keterampilan darinya," ucap petinggi Nimbus, Nong.

Saat ini Nimbus One masih dalam bentuk prototipe serta dalam pengujian. Namun Nong mengatakan tidak membutuhkan proses yang sulit untuk bisa memuluskan Nimbus untuk dijual ke khalayak umum.

"Kami tidak harus melewati proses yang ketat, tidak mahal dan tidak panjang untuk mendapatkan sertifikasi kendaraan kami. Selanjutnya pengemudi tidak perlu SIM untuk mengemudi, jadi siapa pun yang memiliki SIM bisa menggunakan kendaraan kami, tanpa harus memakai helm," Nong menambahkan.

Dijelaskan Nimbus dibuat untuk mengemudi di kota, bukan di jalan raya, Nimbus memiliki kecepatan tertinggi 50 mil per jam (80 km/jam). Dengan baterai 9 kWh Nimbus one memiliki jangkauan 93 mil (149 km) dan waktu pengisian hanya butuh 1,2 jam pada pengisi daya Level 2 atau selama 5,4 jam saat melakukan pengisian di rumah.

Skuter listrik Nimbus OneSkuter listrik Nimbus One Foto: doc. autoblog/Nimbus

Memang saat ini Nimbus One belum bisa dipastikan kapan akan diperkenalkan dan berapa harga jual yang ditawarkan, meski demikian kendaraan listrik ini diklaim bakal menjadi pilihan yang tepat untuk masyarakat perkotaan.



Simak Video "Pemda Yogya Siapkan Regulasi Skuter Listrik di Kawasan Malioboro"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)