Kawasaki Kenalkan Sepeda Listrik Buat Anak-anak

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 09 Jun 2022 17:20 WIB
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga memperkenalkan Elektrode, yaitu sepeda listrik untuk anak-anak. Penasaran?
Elektrode, balancing bike listrik untuk anak-anak. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis bike balancing bertenaga listrik bernama Elektrode. Ini menjadi komitmen Kawasaki di Indonesia untuk ikut melahirkan kendaraan ramah lingkungan tapi di segmen yang berbeda.

"Lebih tepatnya memang Kawasaki akan masuk ke elektrifikasi tapi di segmen yang berbeda. Bisa sport, off road. Kalau yang lain kan matic," ujar Deputy Head Sales and Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Michael C. Tanadhi saat ditemui di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (9/6/2022).

Michael mengatakan Elektrode merupakan produk dari hasil studi di Amerika Serikat. Namun pasar off road yang bertumbuh di Indonesia juga membuat KMI mendatangkannya ke Tanah Air.

"Memang secara global produk ini disurvei di Amerika, dan di Amerika pasar offroad sedang bagusnya, terutama karena pandemi kemarin konsumen Amerika tidak bisa kemana-mana. Dia melakukan kegiatan outdoor terutama off road. Ayah ibunya naik motor agak besar, anaknya tidak punya motor biasanya, kalau mengajak keluarga, ini pertimbangannya, market off road sedang berkembang," kata Michael.

"Market di Indonesia di offroad memang bertumbuh sejak mengeluarkan KLX Series. Tapi untuk keluarga sepertinya belum, anak kecil belum. Mungkin karena motornya belum ada. Ini yang sedang kita studi," tambah dia.

Electrode juga bakal dijual paling lambat kuartal kedua tahun 2023, sementara harganya diestimasi mencapai Rp 20 Jutaan.

Bike balancing ini punya dimensi panjang 1.235 mm, lebar 582 mm, tinggi 767 mm, dan jarak ke tanah 138 mm. Soal performa dengan bekal baterai lithium ion output range 250W, Elektrode diklaim bisa mencapai top speed 21 km/jam.

Targetnya menyasar anak berusia 3 - 8 tahun. Bike balancing ini bisa digunakan untuk olahraga off road.

Cara Kawasaki berbeda dengan kompetitornya. Yamaha sudah mengenalkan E01, dan Honda lewat PCX Electric di Indonesia.



Simak Video "Bawa Mobil Mungil Ini Nggak Perlu SIM"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)