Pertamax Lagi Mahal, Vario 160 Aman Banget Pakai Pertalite

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 08 Apr 2022 11:33 WIB
Pengendara motor mengisi BBM jenis Pertalite di sebuah SPBU Pertamina di Jakarta, Jumat (24/12/2021). Pemerintah berencana menghapus BBM RON 88 Premium  dan RON 90 Pertalite sebagai upaya  mendorong penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
Vario 160 dipastikan aman pakai Pertalite. (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta -

Harga bahan bakar minyak (BBM) lagi mahal saat ini, terutama BBM non-subsidi. Kini, Pertamax dibanderol Rp 12.500 per liter dari sebelumnya Rp 9.000 per liter. Apakah aman sepeda motor menggunakan bensin dengan oktan yang lebih murah?

Diketahui, saat ini ada pilihan bensin yang lebih murah, yaitu Pertalite yang harganya Rp 7.650 per liter. Namun, Pertalite punya oktan lebih rendah, RON 90, dibanding Pertamax yang pakai RON 92.

Reza Rezdie dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, motor Honda VArio 160 bisa menggunakan bensin dengan oktan yang lebih rendah dibanding Pertamax.

"Pada spesifikasi motor Vario 160, di buku pedoman pemilik sudah diinformasikan bahwa walaupun Vario 160 ini kompresi tinggi 12:1, tapi dia masih bisa menggunakan oktan minimum 88. Artinya bukan lagi Pertalite, bahkan Premium bisa tanpa ada penyesuaian apa pun," ujar Reza dalam acara bedah teknologi Vario 160 yang diadakan secara virtual, Kamis (7/4/2022).

Reza menjelaskan, sistem injeksi atau PGM-FI milik Honda diklaim sudah canggih. Sistem itu dilengkapi dengan sensor O2.

"Setiap penggunaan jenis bahan bakar berbeda, dalam hal ini oktannya, nanti si O2 sensor itu bisa mendeteksi dari kandungan sisa pembakaran, terutama di bagian kandungan oksigennya. Itu akan memberikan feedback ke ECM (Engine Control Module) untuk menyesuaikan lagi agar output mesinnya walaupun menggunakan oktan rendah sampai oktan tinggi masih bisa optimal," ujarnya.

"Artinya bisa menggunakan BBM oktan rendah. Dalam hal in minimum yang ditetapkan RON 88," katanya.

Menggunakan bensin dengan oktan yang lebih rendah pada Honda Vario 160, menurut Reza, tidak berefek apa-apa. "Penggunaan BBM RON rendah tentu tidak ada masalah, karena spek minimum RON yang bisa digunakan itu adalah 88," sebutnya.



Simak Video "Irit! Honda Vario 160 Punya Konsumsi BBM di Atas 50 Km per Liter"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)