ADVERTISEMENT

Ototest

Jajal Performa Honda Vario 160 Buat Harian: Sporty, Irit, Kencang, tapi Tetap Praktis

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 11 Mar 2022 17:58 WIB
Sejumlah jurnalis melakukan test ride sepeda motor All New Honda Vario 160 yang berlangsung AHM Safety Riding Park, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (2/2/2022).
Jajal performa Honda Vario 160 buat harian. Foto: Agung Pambudhy/detikOto
Jakarta -

[Gambas:Youtube]


Setelah melakukan impresi singkat Honda Vario 160 di Cikarang, Februari 2022 lalu, sekarang giliran detikOto mencoba performa dan kapabilitas skutik ini buat kendaraan harian. Seperti apa hasilnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Riding Position

Di atas kertas, Honda Vario 160 memiliki dimensi panjang 1.929 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1.088 mm. Untuk tinggi joknya sendiri 778 mm dan masih cukup ramah untuk postur tester detikOto yang memiliki berat 78 kg dan tinggi 165 cm. Kaki masih bisa menjejak ke permukaan jalan.

Asyiknya lagi, pada generasi terbaru Vario ini, posisi badan pengendara jadi lebih dekat dengan setang lantaran setangnya dibikin lebih menekuk ke dalam. Posisi kaki saat riding pun cukup nyaman karena dek bawah yang rata. Namun sayangnya, dek yang rata ini tidak menawarkan riding position beragam.

All New Honda Vario 160Honda Vario 160 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Performa Mesin dan Pengendalian

Honda Vario 160 dibekali mesin eSP+, 156,9 cc, SOHC, 4 klep, dengan bore x stroke: 60 mm x 55,5 mm. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga puncak 15,4 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Dengan peningkatan kubikasi mesin dan bertambahnya jumlah klep, mesin Vario 160 ini menawarkan performa yang asyik untuk harian. Pengendara tidak perlu memutar gas dalam-dalam karena tenaga yang responsif sudah didapatkan dari putaran bawah.

Tak hanya itu, tenaga yang disalurkan mesin ini juga terasa selalu mengisi hingga rpm menengah dan rpm atas. Tentunya performa mesin seperti ini sangat dibutuhkan bagi pemilik Vario 160 yang sering membawa beban atau barang bawaan dalam jumlah banyak.

Lanjut ke rasa pengendaliannya, motor dengan bobot 117 kg (versi ABS) ini terasa cukup ringan untuk dikendarai harian. Jarak sumbu rodanya 1.277 mm dan cukup lincah digunakan bermanuver di kemacetan jalan.

Kemudian untuk bantingan suspensinya, bagian depan sudah terasa cukup empuk dan nyaman. Namun untuk suspensi belakang yang masih pakai model tunggal, masih terasa cukup keras bantingannya, khususnya ketika digunakan tanpa berboncengan atau tanpa membawa beban yang berat.

All New Honda Vario 160Honda Vario 160 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Akomodasi

Tampaknya PT Astra Honda Motor (AHM) telah melakukan keputusan yang tepat dengan tidak mengikuti arus dan tetap mempertahankan konsep dek rata pada Vario 160. Dengan dek rata, pengendara Vario 160 masih bisa membawa berbagai barang kebutuhan sehari-hari, seperti galon air dan tabung gas.

Di bagian dasbor Vario 160 juga masih menawarkan dua kompartemen penyimpanan. Satu kompartemen terbuka untuk tempat menaruh botol minuman, sementara kompartemen tertutup bisa untuk menaruh smartphone atau gawai pengendara, apalagi juga disediakan USB charger type A di bagian ini.

Sayangnya, bagian bagasi Vario 160 yang terletak di bawah jok masih dirasa cukup kecil untuk ukuran motor matic 160 cc. Dengan volume 18 liter, tidak sembarang helm half face bisa masuk ke bagasi ini. Hanya helm half face ukuran kecil saja yang bisa masuk ke bagasi bawah jok Vario 160.

Dari pengalaman detikOto, kompartemen di bawah jok ini lebih cocok untuk menyimpan perlengkapan riding, seperti jaket, mantel hujan, atau cover alias sarung sepatu. Karena jika bagasi ini dipaksakan untuk menaruh helm half face, dikhawatirkan malah akan merusak dan bikin lecet helm tersebut.

All New Honda Vario 160Bagasi Honda Vario 160 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

[Lanjut halaman berikutnya: Konsumsi bahan bakar dan kesimpulan]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT