Yamaha Fazzio Bikin Khawatir Penjualan Honda Scoopy?

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 06 Feb 2022 07:15 WIB
Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio
Foto: Ilustrasi/Luthfi Anshori. Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio.
Jakarta -

Kehadiran Yamaha Fazzio Hybrid Connected bisa mengusik eksistensi kompetitor terdekatnya, Honda Scoopy. Alih-alih merasa khawatir, PT Astra Honda Motor merasa kehadiran Fazzio bisa membuat pasar otomotif semakin bergairah.

"Buat kita kalau ada pilihan baru buat konsumen, buat konsumen semakin menarik, ya kita semakin happy juga, berarti pasarnya semakin membesar," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya saat ditemui beberapa waktu yang lalu di Cikarang, Jawa Barat.

Thomas menambahkan kehadiran Fazzio tak akan membuat khawatir penjualan Honda Scoopy. Pihaknya meyakini Scoopy masih bisa bertahan pada skutik retro modern.

"Nggak lah (jadi kekhawatiran) pilihan konsumen, karena kan scoopy bentuknya lebih ke retro modern. Tentu ada perbedaan segmen. Tapi kita lihat dengan retro modern desainnya, kemudian kita punya fitur cukup canggih dengan ada USB dan sebagainya tentu harapan kita Scoopy menjadi pilihan buat konsumen," ujar Thomas.

Scoopy masih menjadi pundi-pundi bagi Honda. Thomas mengatakan motor tersebut berada di tiga besar skutik terlaris Honda.

Yamaha Fazzio Hybrid ConnectedYamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Ridwan Arifin

Desain motor retro modern sama-sama menggoda anak muda. Sebenarnya Yamaha Fino sudah bertarung lebih dulu di kelas ini untuk melawan Honda Scoopy, tapi Yamaha menyebut Fazzio berada di kategori baru "Classy".

Seperti diketahui Yamaha tidak menyebut jumlah target ataupun angka terkait Fazzio. Sedangkan kompetitornya, Scoopy membidik penjualan mulai 70 ribu - 80 ribu unit per bulannya.

Namun Honda Scoopy dirasa perlu waspada, sebab data penjualan pada hari peluncuran Yamaha Fazzio Hybrid Connected. Disebutkan respon konsumen yang melakukan inden online melalui market place Blibli sebanyak 1.000 unit pertama dalam waktu kurang dari 5 jam.

Apalagi kedua motor ini memiliki banderol yang mirip-mirip dengan perbedaan fitur, akomodasi, dan mesin.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected memiliki 2 (dua) kategori dengan tampilan warna yang berbeda, yaitu Fazzio Lux dengan tampilan warna elegan dan Fazzio Neo dengan tampilan warna sporty.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected Neo dengan tampilan warna glossy dipasarkan dengan harga Rp 21.700.000 OTR Jakarta, sedangkan Yamaha Fazzio Hybrid - Connected Lux dengan tampilan matte seharga Rp 22.000.000 OTR Jakarta.

Sedangkan Honda Scoopy ditawarkan dengan 4 varian yakni Fashion, Sporty, Prestige, dan Stylish. Berikut daftarnya:

- Scoopy Fashion Rp 20.475.000
- Scoopy Sporty Rp 20.475.000
- Scoopy Prestige Rp 21.275.000
- Scoopy Stylish Rp 21.275.000

(riar/lth)