Ini Pilihan Motor Listrik dan Hybrid di Indonesia Mulai Rp 18 Jutaan

ADVERTISEMENT

Ini Pilihan Motor Listrik dan Hybrid di Indonesia Mulai Rp 18 Jutaan

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 31 Jan 2022 21:13 WIB
Honda PCX Hybrid namanya diganti jadi PCX e:HEV
honda PCX e:HEV Foto: Honda
Jakarta -

Saat ini perkembangan elektrifikasi tidak hanya tertuju pada mobil, namun juga gencar dilakukan pada sepeda motor. Bahkan, saat ini sudah mulai banyak roda dua bertenaga listrik dan hybrid yang dijual di Indonesia. Apa saja modelnya?

Kehadiran sepeda motor listrik nampaknya mulai memikat hati sejumlah masyarakat Indonesia. Sejumlah faktor di antaranya karena ramah lingkungan dan minim perawatan, sehingga motor listrik bisa dibilang cukup murah dan awet.

Sayangnya, mulai menjamurnya motor listrik tak diiringi dengan sarana infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang memadai. Alhasil, masih banyak masyarakat yang lebih memilih membeli motor dengan mesin pembakaran internal ketimbang listrik.

Tapi tak usah khawatir, bagi kamu yang punya rencana ingin membeli sepeda motor listrik atau hybrid, detikOto sudah merangkum sejumlah roda dua bertenaga listrik atau hybrid yang dijual di Indonesia.

1. Gesits

Gesits SespanGesits Sespan Foto: Ridwan Arifin

Daftar sepeda motor listrik pertama adalah Gesits. Sedikit informasi, Gesits merupakan proyek kolaborasi antara Garansindo dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Sepeda motor listrik Gesits pertama kali diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Kini, motor listrik tersebut sudah resmi diluncurkan.

Soal spesifikasinya, Gesits dibekali baterai lithium-ion NMC (nickel-manganese-cobalt) yang berkapasitas 72V 20A. Dalam sekali pengisian daya, motor listrik ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 70 km.

Untuk harganya, motor listrik Gesits dibanderol mulai dari Rp 28,7 juta.

2. Viar Q1

Model berpose di atas motor listrik Viar Q1 pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa (23 /7/2019).Model berpose di atas motor listrik Viar Q1 pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa (23 /7/2019). Foto: Ari Saputra

Selanjutnya datang dari merek Viar dengan model Q1. Viar Q1 merupakan sepeda motor listrik rakitan lokal yang diproduksi oleh PT Triangle Motorindo sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Viar di Indonesia.

Viar Q1 sudah memiliki dua generasi di Tanah Air. Pertama kali diluncurkan pada 2017 lalu dan model terbarunya dirilis pada ajang GIIAS 2019. Dalam menciptakan motor listrik Viar telah bekerja sama dengan perusahaan asal Jerman, Bosch.

Berbeda dari generasi sebelumnya, Viar Q1 generasi terbaru sudah mengusung baterai yang lebih baik kualitasnya. Kedua baterai lithium-ion ini memiliki kapasitas 60V 23Ah dan diklaim dapat menempuh jarak 120 km hanya dalam sekali pengisian daya.

Soal harga, motor listrik Viar Q1 ini dibanderol mulai dari Rp 18,9 jutaan.



Simak Video "Pemerintah Beri Subsidi Harga Motor Listrik, Siapa yang Untung?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT