ADVERTISEMENT

Erick Thohir Ngebet Kawinkan Motor Listrik Gesits dengan Gojek dan Grab

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 31 Jan 2022 18:48 WIB
motor listrik gesits
Motor listrik Gesits Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Semenjak berada di bawah PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) motor listrik Gesits mulai menunjukkan tajinya, bahkan sudah ribuan unit motor listrik made in Indonesia ini sudah dikirim ke berbagai mancanegara. Nah, tidak berhenti sampai di situ detikers, pemerintah Indonesiajuga terus gencar melakukan elektrifikasi, salah satu upaya yang bakal dilakukan adalah dengan mendorong kerja sama Gesits dengan perusahaan Gojek dan Grab.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Dirinya mengatakan bakal terus mendorong kemitraan antara Gesits dengan Gojek dan Grab untuk menyediakan motor listrik bagi para pengemudi ojek online.

"Sekarang Gesits ini sedang terus kita kerjasamakan dengan Gojek dan Grab, supaya bisa dipakai (oleh para pengemudi ojek online)," kata Erick Thohir dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, Erick Thohir berharap jika Indonesia jangan sampai hanya fokus dalam memproduksi nikel sebagai bahan untuk membuat baterai listrik saja. Akan tetapi, sejumlah perusahaan harus ikut memproduksi dan menggunakan kendaraan listrik.

Maka dari itu, Erick Thohir berharap dengan adanya kerja sama antara Gesits dengan perusahaan Gojek dan Grab, dapat mempercepat elektrifikasi di Tanah Air yang tidak menyasar pada kendaraan pribadi, namun juga transportasi umum.

Gesits SespanGesits Sespan Foto: Ridwan Arifin

Sedikit informasi, Gesits merupakan sepeda motor listrik buatan karya anak bangsa. Gesits merupakan proyek kolaborasi antara Garansindo dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Sepeda motor listrik Gesits pertama kali diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 lalu. Tak berlangsung lama, motor listrik tersebut akhirnya resmi diluncurkan secara umum. Demi memenuhi permintaan konsumen, Gesits mendirikan pabrik perakitan motor listriknya yang berada di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Soal spesifikasinya, Gesits dibekali baterai lithium-ion NMC (nickel-manganese-cobalt) yang berkapasitas 72V 20A. Dalam sekali pengisian daya, motor listrik ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 70 km untuk baterai tunggal, jika mengusung baterai ganda dapat menempuh jarak sejauh 100 km.

Sejauh ini Gesits telah menjual sepeda motor listriknya sebanyak 4.000 unit. Penjualan motor listrik karya anak bangsa ini juga sudah dikirim ke sejumlah korporasi hingga kementerian di Tanah Air.

General Manager Sales dan Marketing PT Wika Industri Manufaktur (WIMA), Abdullah Alwi mengatakan, saat ini kapasitas produksi sepeda motor listrik Gesits telah mencapai 200 unit per hari. Namun, saat ini jumlah produksinya disesuaikan dengan permintaan yang ada.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk membeli sebuah motor listrik dengan kemampuan mumpuni, Gesits bisa jadi pilihannya. Saat ini Gesits sudah dijual dengan harga sekitar Rp 28,7 juta.



Simak Video "Harga BBM Naik, Jadi Momentum Pas untuk Ganti Motor Listrik?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT