Motor Listrik Gesits Umurnya Sudah Dua Tahun, Seberapa Banyak yang Beli?

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 24 Nov 2021 20:16 WIB
Ridwan Kamil intip produksi motor listrik Gesits
Motor listrik Gesits. Foto: Dok. Gesits
Jakarta -

Gesits menjadi salah satu produk sepeda motor listrik yang populer karena diracik oleh tangan-tangan terampil orang Indonesia. Kini usia Gesits sudah 2 tahun sejak diperkenalkan pada 2019 lalu. Seberapa lariskah motor listrik yang mengusung konsep motor skutik ini?

Sebagai informasi, saat ini prinsipal dan manufakturing sepeda motor listrik Gesits ada di bawah naungan PT Wijaya Karya (WIKA). WIKA sendiri adalah perusahaan yang ditunjuk untuk merakit motor listrik Gesits. Awalnya Gesits dimiliki oleh PT Gesits Technologies Indo (GTI).

Dijelaskan General Manager of Sales & Marketing PT WIKA Industri Manufaktur, Abdullah Alwi, Gesits menunjukkan performa penjualan yang cukup baik dalam dua tahun terakhir di Indonesia. Motor skutik listrik ini diklaim terjual ribuan unit.

"Gesits launching pertama pada 25 April 2019. Dan kita start delivery di akhir Desember 2019. Sampai dengan saat ini kita sudah men-delivery lebih dari 3.000 unit dan sekarang kita sudah hampir men-delivery 4.000 unit, dalam kurun waktu hampir dua tahun," kata Alwi dalam diskusi di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) yang ditayangkan secara virtual di akun YouTube BRIN Indonesia, Rabu (24/11/2021).

Sebagai informasi, motor Listrik Gesits telah mendapat Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Kementerian Perhubungan RI sehingga sudah layak untuk digunakan masyarakat umum dan dapat diterbitkan STNK/BPKB layaknya sepeda motor konvensional saat ini.

Gesits memiliki 162 komponen dengan 85% komponen diproduksi di dalam negeri yang dipasok oleh 24 perusahaan dan 5 diantaranya BUMN. Untuk Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Gesits saat ini sebesar 46,73%.

Menilik kemampuannya, Gesits dibekali motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW dan menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk 1 baterai den dapat digunakan dengan 2 baterai sehingga dapat berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya. Waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 min pertama dapat menempuh jarak 10 Km.

Tak hanya dipasarkan di dalam negeri, motor listrik Gesits juga sudah tembus pasar ekspor. Negara yang sudah impor Gesits secara utuh adalah Senegal.

(lua/rgr)