Tantang X-Ride dan BeAT Street, Gesits Siapkan Motor Listrik Setang Telanjang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 04 Okt 2021 17:26 WIB
Paten Desain Motor Listrik Gesits dengan Setang Telanjang
Paten Desain Motor Listrik Gesits dengan Setang Telanjang. Foto: Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham.
Jakarta -

Gesits tampaknya sedang menyiapkan motor listrik dengan tampilan baru. Hal itu terungkap pada desain paten yang diajukan kepada pemerintah.

Desain baru dari motor listrik Gesits muncul di dokumen Berita Resmi Desain Industri No. 28/DI/2021. PT WIKA Industri Manufaktur sebagai produsen motor listrik Gesits mendaftarkan paten desain baru Gesits.

Adapun desain baru Gesits yang sedang disiapkan adalah motor listrik dengan setang telanjang. Diketahui, motor dengan desain setang telanjang cukup banyak peminatnya di Indonesia.

Saat ini, skuter matik (skutik) dengan setang telanjang ada Honda BeAT Street, Yamaha X-Ride serta Suzuki Nex Crossover. Motor listrik baru Gesits yang paten desainnya didaftarkan tampaknya akan menantang ketiga motor Jepang tersebut.

Dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, desain motor listrik ini diberikan perlindungan sejak 29 Juni 2021. Pada deskripsi produk, motor ini disebut sebagai alat transportasi atau kendaraan roda dua bertenaga listrik. Tertulis pendesainnya adalah Atep Supriadi, Idrus Abdullah Masyhur, dan Sigit Pramono.

Gesits sendiri saat ini baru memiliki satu model motor listrik yang diberi nama Gesits G1. Motor listrik itu dibekali baterai Li-NCM 72 Volt 20 Ah. Baterai itu bis dicas sampai penuh dalam waktu 3-4 jam. Dengan konfigurasi satu baterai, motor bisa melaju sampai 50 km. Sedangkan kalau pakai konfigurasi dua baterai, motor bisa menjangkau jarak 100 km.

Gesits G1 ditenagai oleh motor Permanent Magnet Synchronous-BLDC Motor dengan sistem pendingin udara. Tenaga mesin yang mencapai 6,7 daya kuda dan torsi 30 Nm disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi pulley belt. Ada tiga mode berkendara, yakni ECO dengan kecepatan maksimal 45 km/jam, Urban dengan kecepatan maksimal 60 km/jam dan Sport yang bisa mencapai 70 km/jam.

Motor listrik Gesits memiliki dimensi panjang 1.947 mm, lebar 674 mm, dan tinggi 1.135 mm dengan wheelbase 1.290 mm. Motor ini dibekali ban berukuran 80/80-R14 di depan dan ban belakang 100/80-R14. Sistem pengereman sudah mengusung rem cakram.

Untuk sistem penerangan motor, di depan ada lampu HID Projection dan Daytime Running Light. Di belakang juga ada lampui kombinasi LED.



Simak Video "Sah! Motor Listrik Buatan Indonesia 'Gesits' Kini 100% di Bawah WIKA"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)