Kawasaki dan Yamaha Jajaki Kerjasama Lahirkan Sepeda Motor Hidrogen Bareng

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 06 Jan 2022 20:40 WIB
Lebih Menjanjikan! BMW, Mercedes dan VW Berlomba Kembangkan Mobil Hidrogen
Ilustrasi BBM Hidrogen Foto: DW (News)
Jakarta -

Perkembangan energi alternatif tidak hanya menyasar segmen roda empat saja, namun kini sudah banyak merambah sepeda motor. Untuk menciptakan lingkungan yang bersih, kini dua perusahaan otomotif asal Jepang bakal bergabung untuk menciptakan sepeda motor berbasis hidrogen.

Dikutip dari Ride Apart, kabarnya Yamaha dan Kawasaki akan melakukan kerjasama untuk mengembangkan sepeda motor yang ramah lingkungan. Bukan mengusung motor bertenaga listrik, melainkan menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar alternatif pengganti bensin.

Kawasaki sendiri sudah lama mengembangkan mesin hidrogen untuk sepeda motornya. Bahkan rencananya, di tahun 2035 seluruh sepeda motor milik 'Geng Hijau' yang dijual di dealer sudah mengusung bahan bakar hidrogen.

Rencana tersebut ternyata berhasil menarik sejumlah produsen otomotif lain, salah satunya Yamaha yang mengungkapkan ingin melakukan kerjasama dengan Kawasaki. Sebab, Yamaha ternyata juga memiliki tujuan serupa.

Pabrikan dengan logo garpu tala ini memiliki ambisi untuk menciptakan sepeda motor ramah lingkungan. Yamaha juga menargetkan dapat tercapai 100 persen netralitas karbon pada 2050 mendatang.

Ilustrasi mesin motor hidrogenIlustrasi mesin motor hidrogen Foto: Pool (Rideapart)

Sementara itu, Kawasaki memang sudah lama melihat jika bahan bakar hidrogen merupakan salah satu solusi energi alternatif di masa depan untuk menggantikan bensin. Hal ini juga seiring perkembangan kendaraan listrik yang semakin banyak di jual di pasaran.

Gagasan kawasaki untuk mengembangkan sepeda motor hidrogen sudah terlihat ketika Kawasaki Heavy Industries menciptakan hidrogen cair pertama di dunia. Hidrogen tersebut bernama The Suiso Frontier.

Tak hanya fokus di roda dua saja, Kawasaki juga berupaya mengembangkan mesin hidrogen untuk sejumlah kendaraan lain seperti alat berat di darat, kapal laut, hingga generator turbin bertenaga hidrogen.

Lalu pabrikan roda dua lainnya seperti Suzuki dan Honda, juga telah menyusun rencana untuk mengembangkan bahan bakar alternatif pengganti bensin di masa depan.



Simak Video "Punya 175 unit Motor Klasik! Ini Sosok Pemilik Galeri Motor Jadoel"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lth)