Giliran Pabrikan Italia Rilis Aprilia SR GT, Siap Runtuhkan Dominasi Honda ADV150

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 04 Jan 2022 18:55 WIB
Skutik adventure Aprilia SR GT
Foto: Rideapart. Skutik adventure Aprilia SR GT.
Jakarta -

Setelah pabrikan China dan Taiwan, kini giliran pabrikan Italia, Aprilia, yang mencoba menantang dominasi dari skutik adventure Honda ADV150. Aprilia menghadirkan SR GT, sebuah skutik adventure dengan garis desain modern dikombinasi nuansa sporty.

Dikutip dari Rideapart, Aprilia SR GT akan tersedia dalam dua versi, yakni 125 dan 200. Secara tampilan, Aprilia SR GT memiliki tampang yang sporty, dengan gaya lampu depan mirip tampilan fascia sportbike mereka, RS 660.

Skutik adventure Aprilia SR GTSkutik adventure Aprilia SR GT Foto: Rideapart

Kemudian dari bagian samping, bentuknya cukup kekar, dengan lekukan-lekukan, serta model jok bertingkat. Lampu depan sudah LED, dengan posisi windshield tinggi. Lalu mengadopsi setang lebar dan sudah dilengkapi panel instrumen digital yang dapat terhubung ke smartphone.

Bicara mesin, versi 125 dan 200 dibekali kapasitas jantung pacu yang berbeda. Versi 125 dibekali mesin silinder tunggal 125cc, yang mampu menghasilkan tenaga puncak 14,75 dk pada 8.750 rpm dan torsi maksimum 12 Nm pada 6.500 rpm.

Skutik adventure Aprilia SR GTSkutik adventure Aprilia SR GT Foto: Rideapart

Sementara pada versi 200, hadir dengan mesin silinder tunggal 174cc, memberikan tenaga maksimum 17,43 dk pada 8.750 rpm serta torsi puncak 16,5 Nm pada 7.000 rpm.

Sedangkan untuk suspensi, sayangnya belum dilengkapi sokbreker depan upside down (USD). Suspensi depan menggunakan merek Showa berukuran 33 mm dan shock belakang pakai Showa coil spring, dengan setelan preload.

Skutik adventure Aprilia SR GTSkutik adventure Aprilia SR GT Foto: Rideapart

Kemudian sistem pengeremannya, depan pakai cakram ukuran 260 mm dan belakang pakai rem cakram ukuran 220 mm. Terdapat ruang penyimpanan di bawah jok berkapasitas 25 liter dan diklaim bisa muat helm full face.

Aprilia belum mengumumkan harga resmi SR GT. Selain itu juga belum bisa dipastikan di negara mana saja skutik adventure ini akan dijual. Menurut kalian, cocok tidak seandainya motor ini dibawa ke Indonesia?

Skutik adventure Aprilia SR GTSkutik adventure Aprilia SR GT Foto: Rideapart
(lua/lth)