Sadis! Max Biaggi Pecahkan Rekor Kecepatan Motor Listrik, Ngebut 455 Km/jam

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 01 Des 2021 17:31 WIB
Max Biaggi Pecahkan Rekor Kecepatan Motor Listrik, Tembus 455 Km/jam
Max Biaggi Pecahkan Rekor Kecepatan Motor Listrik, Tembus 455 Km/jam. Foto: Dok. Venturi.
Jakarta -

Mantan pebalap MotoGP Max Biaggi mencetak rekor kecepatan di atas motor listrik. Juara dunia enam kali itu menggeber motor listrik besutan Venturi Group dengan kecepatan lebih dari 400 km/jam.

Mantan juara dunia Max Biaggi telah mencetak 21 rekor dunia bersama Voxan, produsen sepeda motor listrik. Yang paling mengesankan adalah rekor kecepatan untuk sepeda motor listrik semi-faired yang beratnya kurang dari 300 kilogram.

Biaggi melewati titik pengukuran di landasan pacu John F. Kennedy Space Center di Florida dengan kecepatan 455,737 kilometer per jam.

Perusahaan motor listrik asal Prancis itu sebelumnya telah mengklaim rekor kecepatan. Pada November 2020 motornya mampu dikebut sampai 366,94 km/jam. Pengukuran dilakukan dalam waktu dua jam dan, dengan flying start lebih dari satu kilometer dalam satu arah dan kembali lagi.

"Dalam waktu kurang dari setahun kami berhasil menurunkan bobot motor sekaligus meningkatkan performa dan stabilitasnya. Setelah rekor yang kami buat pada November 2020 di kelas lebih dari 300 kilogram, rekor baru ini merupakan penghargaan besar lainnya bagi Venturi Group, untuk Max Biaggi, dan untuk mitra kami yang berharga, Saft, Michelin, dan Mercedes. Saya senang bahwa pengalaman yang diperoleh dari proyek ini akan membantu meningkatkan eko-mobilitas," kata Gildo Pastor, Presiden Grup Venturi.

Motor listrik Voxan sangat berbeda dengan motor pada umumnya. Bentuknya dibuat khusus untuk dipacu di kecepatan tinggi. Motor ini menawarkan perlindungan pengendaranya dari crosswind atau angin samping. Kecepatan pun ditingkatkan.

Motor ini punya wheelbase panjang. Tak ada rem depan untuk mencegah flashover. Untuk mengurangi kecepatan, pengendaranya menggunakan rem belakang dan engine brake.

Motor ini dibekali penggerak listrik bertenaga 441 daya kuda dengan torsi maksimal 1.360 Nm. Berat totalnya adalah 296 kg.



Simak Video "Motor Listrik Lokal Bandung Melantai di GIIAS 2021, Dijual Rp 16 Jutaan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)