Begini Spesifikasi The Gade ST150, Motor Kustom Garapan UKM yang Bisa Dibeli di Pegadaian

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 06 Nov 2021 15:14 WIB
The Gade ST150
The Gade ST150 Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

The Gade ST150, jadi sorotan saat gelaran Kustomfest 2021 di Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (5/11/2021). Motor kustom tersebut bisa dibeli di PT Pegadaian.

Selubung motor dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto, dan Director Kustomfest Lulut Wahyudi. Tak ketinggalan Yayack penggawa bengkel kustom, Retrosyndicate, yang merakit motor terebut.

Basis dari The Gade ST150 motornya dipilih Honda CB150 Verza yang diubah menjadi gaya Scrambler Tracker. Menurut Yayack, desain utama dari motor ini adalah motor multipurpose yang bisa dikendarai harian di perkotaan dan juga nyaman dibawa ke pelosok daerah dengan kontur medan offroad ringan namun tetap mempunyai tampilan stylish.

Yayack menjelaskan bahwa semua part yang dipasang tinggal plug and play. Sementara proses pembuatannya melibatkan 5 bengkel Usaha Kecil Menengah (UKM) yang terdampak pandemi.

"Basic motor ini adalah Honda Verza 150 cc, kenapa saya pilih karena menurut saya dari segi nilai dia masih avalaible untuk di level teman-teman anak muda, jadi nggak terlalu mahal. Terus kemudian untuk mengkustomnya juga, ini plung and play (PNP), saya sama sekali tidak merubah sama sekali bracket atau dudukan baut yang ada di motor orisinalnya," ungkap Yayack saat konferensi pers, Jumat (5/11/2021).

"PNP sudah menarik, ini salah satu jawaban saya untuk Pak Teten waktu (bertemu) Pegadaian, bagaimana kalau kita mulai ya walaupun, pokoknya langkah itu tetap dimulai satu langkah, dengan mulai yang saya bisa, saya kumpulkan UKM Jogja, yang bengkel kecil kena pandemi juga, Saya bagi supaya kalian bisa produksi. Kalian juga belajar produk yang punya kualitas, bukan hanya bagus secara visual tapi dari segi kualitas tetap sesuai standar," tambah dia.

Lebih lanjut dijelaskan, motor The Gade ST150 ini tidak mengalami perubahan pada mesin dan sasis. Tampilannya dipermanis lewat perubahan pada body yang diganti dengan kustom berbahan galvanis buatan UKM, penggantian ban offroad, serta reposisi pada bagian headlamp, dan penambahan aksesori side bag. Sementara untuk sasis dan rangka tidak mengalami perubahan. Secara dimensi The Gade ST150 ini memiliki ukuran panjang 2.056 mm x lebar 742 mm x tinggi 1.054 mm, dan jarak sumbu roda 1.318 mm.

The Gade ST150The Gade ST150 Foto: Ridwan Arifin

The Gade ST150 hanya dibuat terbatas, saat ini sudah diproduksi sebanyak 20 unit. Sementara menyoal harga dibanderol Rp 46 juta.

"Harga sekitar Rp 46 jutaan, itu bersama aksesoris dan part aslinya. Jadi orang mau standarin tinggal pasang plug and play, tanpa merubah macam-macam," jelas Yayack.

Berikut ini part kustom motor The Gade ST150:

- Tangki motor Kustom handmade Galvanis sheet 1,2 mm
- Front Fork Cover Kustom Handmade Galvanis sheet 1,2 mm
- Skid Plate/Cover Mesin Handmade Galvanis sheet 1,2 mm
- Front Fender Kustom Handmade Galvanis sheet 1,2 mm
- Bracket Front Fender Kustom use rod steel 10 mm
- Front License Number Bracket Kustom use rod steel 10 mm
- Side Cover Kustom Handmade use Galvanis 1,2 mm
- Seat Kustom Handmade Galvanis sheet 1,2 mm
- Rear Fender Handmade Galvanis sheet 1,2 mm
- Turn Signal Bracket Kustom Handmade sheet 1,2 mm
- Tail Light Galvanis sheet 1,2 mm
- Rear License Number Bracket Kustom handmade uses Galvanis sheet 1,2 mm
- Roll U Sub Frame Kustom Handmade Pipe Steel 25 mm
- Exhaust pipe kustom handmade Stainless Steel Pipe
- Handle Bar Kustom pipe steel 22 mm
- Footstep Dual Purpose Foot Pegs Universal
- Rear Shock Absorber 340 mm by Emgo Classis Shock - 340 mm Eye/Clevis
- Front Tire by Primaax SK 68 King Cross (300-17)
- Rear Tire by Primax SK 68 King Cross (400-17)
- Rear View Mirror Universal
- Kustom Seat Handmade
- Messenger Bag Bracket Kustom handmade uso rod steel 12 mm



Simak Video "Holding Ultra Mikro Bisa Jadi Lokomotif Ekonomi Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)