Kecepatan Pengendara Motor di London Akan Dibatasi 25 Km/Jam, Ini Alasannya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 06 Okt 2021 12:44 WIB
Big Ben and Westminster Bridge at sunset, London, UK
Pengendara motor di London akan dibatasi kecepatannya hanya 25 km/jam. Foto: (iStock)
Jakarta -

Peraturan baru tengah dibuat oleh pemerintah kota London, Inggris, salah satunya membatasi kecepatan pengendara sepeda motor di sebagian ruas jalan raya. Nantinya, motor hanya melaju dengan kecepatan maksimal 25 km/jam saja.

Dikutip dari Visordown, langkah ini dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas di jalanan kota London. Selain itu, pembatasan kecepatan ini juga untuk memberikan keselamatan bagi pengendara dan pejalan kaki.

Hadirnya regulasi baru ini didasarkan dari dokumen CR20 yang berisi laporan mendalam tentang keselamatan jalan di kota London. Tidak hanya membatasi kecepatan sepeda motor, pemerintah berencana akan memperlebar trotoar jalan serta jalur khusus sepeda yang diperluas lagi.

Meski peraturan ini diprediksi akan mendapat sejumlah protes dari pengendara motor, tapi cara tersebut merupakan solusi terbaik dari pemerintah. Hal ini demi memberikan keselamatan bagi pengendara lain dan juga mengurangi pencemaran udara akibat emisi kendaraan.

Aturan batas kecepatan ini akan dimulai dari ruas jalan Holborn di bagian barat hingga Whitechapel di sisi timur London. Tapi sampai saat ini, pemerintah setempat belum berencana akan memperluas zona batas kecepatan dalam beberapa tahun mendatang.

Rencana yang digagas oleh pemerintah London ini masih dalam tahap persetujuan oleh Menteri Transportasi Inggris, Grant Shapps. Dokumen yang menjelaskan soal batas kecepatan kendaraan sepeda motor dimasukan ke dalam Experimental Traffic Order atau ETO.

Sebagai informasi, ini bukan pertama kalinya kota London berencana akan membatasi kecepatan kendaraan sepeda motor. Gagasan tersebut sudah hadir sejak 2019 lalu, namun rencana tersebut gagal karena sejumlah faktor.

Apabila peraturan tersebut resmi ditetapkan, London akan menyusul kota Paris dalam menjalankan aturan pembatasan kecepatan kendaraan. Namun ada sejumlah perbedaan, di Paris kecepatannya dibatasi maksimal 30 km/jam. Selain itu kendaraan yang dibatasi meliputi roda dua dan roda empat.

Tapi tujuannya tetap sama, pemerintah Paris ingin meningkatkan keselamatan serta untuk mengurangi kecelakaan dan polusi suara. Ini juga merupakan bagian dari janji Wali Kota Paris Anne Hidalgo untuk mengurangi jumlah ruang publik yang diambil oleh kendaraan bermotor.Hidalgo untuk mengurangi jumlah ruang publik yang diambil oleh kendaraan bermotor.

Sementara itu, negara-negara Eropa lainnya juga memberlakukan kebijakan yang sama di banyak kota, termasuk di Belanda, Spanyol, dan Jerman.

(lua/din)