Dianggap Jiplak Motor Piaggio, Peugeot Motorcycle Didenda Puluhan Miliar

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 22 Sep 2021 19:39 WIB
Peugeot Metropolis Motor Eropa yang Asyik Dikendarai di Indonesia.
Peugeot Metropolis dianggap melanggar paten Piaggio MP3. Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto.
Milan -

Piaggio Group menggugat Peugeot Motorcycle terkait teknologi motor roda tiga. Peugeot Metropolis dianggap meniru Piaggio MP3. Hasilnya, Piaggio menang atas gugatan tersebut.

Dalam siaran pers Piaggio Group disebutkan, Pengadilan Paris dan Pengadilan Milan telah memutuskan Peugeot Motorcycles bersalah karena melanggar peraturan Eropa. Peugeot Motorcycles dianggap melanggar paten atas teknologi skuter roda tiga Piaggio MP3 untuk model Peugeot Metropolis.

Paten skuter roda tiga tersebut dimiliki oleh Piaggio Group yang menjadi acuan putusan. Paten itu terkait dengan sistem kontrol skuter roda tiga yang memungkinkan motor tersebut bisa miring ke samping seperti sepeda motor konvensional.

Karena pelanggaran tersebut, Peugeot Motorcycles telah dijatuhi hukuman di Prancis. Pabrikan sepeda motor asal Prancis itu harus membayar ganti rugi sebesar 1,5 juta euro atau setara dengan Rp 25 miliar, di luar hukuman lebih lanjut untuk pelanggaran dan biaya hukum lainnya.

Putusan pengadilan Paris juga melarang Peugeot Motocycles di wilayah Prancis untuk memproduksi, mempromosikan, memasarkan, mengimpor, mengekspor, menggunakan dan/atau memiliki skuter roda tiga yang menggunakan sistem kontrol yang dipatenkan oleh Piaggio Group. Itu termasuk skuter Peugeot Metropolis. Akan ada denda untuk setiap unit kendaraan yang dianggap menjiplak paten tersebut.

Peugeot Metropolis Motor Eropa yang Asyik Dikendarai di Indonesia.Peugeot Metropolis. Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto

Sementara itu, Pengadilan Milan juga melarang Peugeot Motocycles di wilayah Italia untuk mengimpor, mengekspor, memasarkan dan mengiklankan (secara offline dan online) Peugeot Metropolis. Jika melanggar, setiap kendaraan yang dijual akan dikenakan denda sebesar 6.000 euro (Rp 100 juta).

Ototes Piaggio MP3 500 BusinessPiaggio MP3 500 Business Foto: Piaggio Indonesia

Peugeot Motocycles juga harus menarik semua kendaraan yang dinilai menjiplak paten Piaggio MP3 dari penjualan di Italia dalam waktu 90 hari. Ada penalti pembayaran denda tambahan sebesar 10.000 euro (Rp 166 juta) per hari jika terlambat menarik semua kendaraan yang dimaksud.

Piaggio Group selama bertahun-tahun melakukan 'perburuan' terhadap pemalsuan. Pabrikan motor asal Italia itu terus-menerus memantau produk pesaing dan database paten internasional.

"Dalam beberapa tahun terakhir, tuntutan hukum yang diajukan oleh Piaggio Group telah mengarah pada pengakuan sifat unik dari desain dan inovasi teknologi produknya, yang dikagumi di seluruh dunia," sebut Piaggio dalam siaran persnya.

Piaggio MP3 dan Peugeot Metropolis memiliki konsep yang mirip. Motor itu menggunakan tiga buah roda, dua di depan dan satu di belakang. Saat menikung, dua roda di depannya menyesuaikan sehingga lebih stabil ketika berbelok.



Simak Video "Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced, Skuter Bongsor Berkaki Tiga"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)