Menjajal Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced, Skuter Bongsor Berkaki Tiga

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 19 Nov 2020 13:36 WIB
Jakarta -

Beberapa waktu lalu PT Piaggio Indonesia resmi memperkenalkan motor roda tiga terbaru, Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced. Skutik bongsor ini mendapatkan banyak peningkatan yang memberikan sensasi berkendara lebih seru.

Tim detikoto pun baru-baru ini diberi kesempatan untuk menjajal motor canggih ini. Sayangnya karena kondisi pandemi waktu dan jarak tempuh dibatasi.

Dalam sesi itu tim detikoto melakukan test Piaggio MP3 500 HPE di dalam kota Jakarta saja. Perjalanan cukup singkat, hanya sekitar 10 km pulang pergi dari Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ke Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Bagaimana impresi naik skuter bongsor berkaki tiga ini?

1. Desain

Piaggio MP3 500 HPEPiaggio MP3 500 HPE Foto: Rizki Pratama

Sekilas, tampilan skuter roda tiga ini tidak banyak perubahan dari generasi sebelumnya. Masih dengan body-body gemuk yang sporty dan tempat duduk berundak dengan sandaran untuk pembonceng. Bagian knalpot juga diubah covernya yang mana kini lebih simple.

Ada sedikit penggunaan bahan karbon di beberapa bagian. Dapat ditemui di bagian fasia dan body samping di bawah jok menuju lantai motor. Pelek yang sebelumnya berwarna alloy kini jadi hitam dan memberikan nuansa lebih sporty dari sebelumnya.

Pada bagian penerangan Piaggio MP3 HPE sudah menggunakan sistem DRL berteknologi LED.

2. Posisi Riding

Test Ride PiaggioTest Ride Piaggio Foto: PT Piaggio Indonesia

Jika tidak terbiasa menggunakan motor besar dan tempat duduk yang tinggi, motor ini kurang ramah untuk anda. Tinggi tempat duduk mencapai 790 mm, sementara bobotnya 249 kg. Dengan kaki yang menapak pengendara akan lebih percaya diri mengendalikannya sedangkan jika jinjit mungkin akan membuat pengendara kurang pede, apalagi kalau sebelumnya tidak biasa.

Posisi riding Piaggio MP3 500 mirip-mirip dengan motor konvensional pada umumnya. Lebih nyaman karena posisi duduk yang tegak, posisi setang yang lebih dekat dengan pengendara sehingga mudah dikendalikan dan tidak cepat lelah, serta jok lebar yang menyangga bokong pengendara dengan nyaman. Terlebih, di bagian pinggul juga terdapat sedikit sandaran untuk pengendara sehingga lebih nyaman lagi.

Posisi kaki sebenarnya sama saja seperti saat menggunakan skuter pada umumnya. Pandangan mata ke depan juga terbilang luas, dan dengan mudah melihat beragam informasi yang ada di instrument cluster skuter roda tiga nan bongsor ini.

[Lanjut ke Halaman Berkutnya: Handling, Performa, dan Fitur]