Catat Ya, KTM Brad Binder Nggak Sama dengan 'KTM Dong Ah' Inul

Tim detikcom - detikOto
Senin, 16 Agu 2021 21:13 WIB
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 13: Brad Binder of South Africa and Red Bull KTM Factory Racing 
 heads down a straight during the MotoGP of Austria - Free Practice at Red Bull Ring on August 13, 2021 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Brad Binder membawa KTM juara MotoGP Austria 2021. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

MotoGP Austria 2021 dimenangkan oleh Brad Binder dengan motor KTM. Strategi sekaligus pertaruhan Brad Binder mempertahankan ban slick di lintasan basah membuatnya menjadi juara. Brad Binder finis terdepan di negara asal pabrikan motor yang ditungganinya.

KTM sendiri merupakan brand sepeda motor asal Austria. Memang, di Indonesia sempat ada nama KTM sebagai motor merek lokal yang pernah terkenal dengan brand ambassador pedangdut Inul Daratista.

Perlu dicatat, KTM yang membawa Brad Binder juara MotoGP Austria 2021 ini tidak ada hubungannya dengan KTM yang pernah ditenarkan Inul.

Untuk diketahui, merek KTM yang dipopulerkan Inul beberapa tahun lalu dengan "KTM dong ah" memiliki nama lengkap Asia Putra Perkasa-Kingtown Tian Ma alias APPKTM. Agen Tunggal merk APPKTM di Indonesia adalah PT Asean Motor International.

Merek APP KTM yang diiklankan oleh artis dangdut Inul DaratistaMerek APP KTM yang diiklankan oleh artis dangdut Inul Daratista Foto: Istimewa

APPKTM sempat memproduksi beberapa varian motor, seperti motor bebek hingga motor sport fairing di awal 2000-an. Tapi, APPKTM saat ini fokus pada kendaraan komersial seperti motor roda tiga dengan bak untuk mengangkut barang-barang di bagian belakang.

Sementara KTM Austria yang menjadi tunggangan Brad Binder didirikan pada 1934 oleh insinyur Austria bernama Johann (Hans) Trunkenpolz. KTM asal Austria merupakan kepanjangan dari Kraftfahrzeug Trunkenpolz Mattighofen. Saat ini saham KTM dimiliki oleh Pierer Mobility AG dan Bajaj Auto India. Merek KTM Austria juga terkenal dengan produk motor enduro dan motor cross-nya.

APPKTM sendiri sudah tidak bisa pakai nama KTM saja, karena ada patennya. Saat ini, mereka harus menggunakan nama APPKTM.

"Mereka (APPKTM) kan udah 20 tahun yang lalu lah ya, 2000-an awal. Kemudian dia nggak boleh pakai nama KTM semenjak KTM ada di sini, dia harus pakai APPKTM dan dia tinggal main di roda tiga (motor komersial roda tiga dengan bak di belakangnya)," kata Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor sebagai distributor KTM, Kristianto Goenadi, beberapa waktu lalu.

Spesifikasi motor MotoGP KTM

Bicara spesifikasi, KTM RC16 tunggangan Brad Binder menggendong mesin 1.000cc empat silinder dengan konfigurasi mesin berbentuk V. Tenaga dari mesin itu mampu mencapai lebih dari 265 daya kuda. Kecepatan maksimalnya bisa lebih dari 340 km/jam.

Mesin mampu berteriak hingga 18.500 rpm. Mesin V4 1.000 cc itu dikawinkan dengan transmisi seamless shift.

KTM RC16 memiliki tangki bahan bakar dengan kapasitas 22 liter. Sistem pembuangan hasil pembakaran mesinnya didukung oleh knalpot Akrapovic.

Untuk stabilitas, KTM RC16 ditopang oleh sasis baja, swingarm carbon fibre, dan suspensi depan-belakang yang dipasok oleh WP Suspension. Berat motor ini hanya 157 kg.

KTM RC16 yang finis terdepan di MotoGP Ceko 2020 ini menggunakan rem Brembo dengan kaliper aluminium dan cakram carbon. Pelek forged magnesium 17 inci dibalut oleeh ban Michelin yang menjadi pemasok ban utama di kelas MotoGP.

Motor KTM RC16 dibekali sistemm elektronik dari Magneti Marelli. Di dalamnya ada fitur elektronik seperti Drive-by-Wire, Engine Braking, Quickshifter, Traction Control, Wheelie Control, Pit Lane Limiter, dan Launch Control.



Simak Video "Motor KTM Rp 566 Jutaan Ini Ludes Kurang dari 5 Menit"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)