Senin, 31 Agu 2020 16:59 WIB

Kemenangan KTM MotoGP Bawa Pengaruh ke RI, Citra Motor 'Inul' Makin Hilang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
BRNO, CZECH REPUBLIC - AUGUST 07:  Brad Binder of Germany and Red Bull KTM Factory Racing  rounds the bend during the MotoGP Of Czech Republic - Free Practice at Brno Circuit on August 07, 2020 in Brno, Czech Republic. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) KTM cukup berjaya di MotoGP 2020, efeknya terasa sampai ke Indonesia. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Semenjak pebalapnya menang di ajang MotoGP, nama KTM makin dikenal. Kemenangan KTM di ajang MotoGP itu membawa pengaruh ke merek tersebut di Indonesia.

Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor sebagai distributor KTM Street dan KTM Big Bike, Kristianto Goenadi, mengakui bahwa kememangan KTM di MotoGP membawa pengaruh ke Indonesia.

"Kita harap dengan MotoGP akan berpengaruh. Dulu kan banyak orang nggak tahu, padahal dulu KTM di Moto3 udah berjaya. Tapi Moto3 kan nggak disiarkan di Indonesia. Kurang dari empat tahun berkiprah di MotoGP kan luar biasa," kata Kris kepada detikcom usai sesi test ride KTM 390 Adventure di BSD, Tangerang, Senin (31/8/2020).

Dampak kemenangan KTM di ajang MotoGP, menurut Kris, berpengaruh pada brand image KTM itu sendiri. Apalagi, penggemar MotoGP di Indonesia cukup banyak.

"Orang jadi lebih confident. Orang lebih tahu dan ini kan menjadi suatu pride buat customer, motor yang dipakai (di balapan MotoGP) dan juara. Di Indonesia cukup signifikan, karena penggemar MotoGP di Indonesia banyak banget. Makanya kalau KTM dulu merjai offroad, tapi di Indonesia nggak banyak yang tahu offroad. Jadi impact ke street kecil, tapi MotoGP (dampaknya) besar. Orang butuh suatu pengakuan bahwa brand ini juara," ucap Kris.

Merek APP KTM yang diiklankan oleh artis dangdut Inul DaratistaMerek APP KTM yang diiklankan oleh artis dangdut Inul Daratista Foto: Istimewa

Kemenangan KTM di MotoGP juga menghilangkan citra merek KTM 'Inul' yang dikenal banyak orang Indonesia beberapa tahun lalu. Seperti diketahui, merek KTM sempat melejit di Indonesia awal 2000-an ketika pedangdut Inul Daratista menjadi brand ambassador lewat slogan "Kate siape? KTM dong ah!"

Tapi, KTM yang ditenarkan Inul berbeda dengan KTM pabrikan asal Austria. Sebagai informasi, merek KTM 'Inul' memiliki nama lengkap Asia Putra Perkasa-Kingtown Tian Ma alias APPKTM. Agen Tunggal merk APPKTM di Indonesia adalah PT Asean Motor International. Merek ini sempat memproduksi beberapa varian motor bebek dan motor sport fairing di awal tahun 2000-an. Namun saat ini hanya fokus pada kendaraan komersial, sepeda motor roda tiga.

Sementara untuk KTM Austria didirikan pada 1934 oleh seorang insinyur Austria bernama Johann (Hans) Trunkenpolz. KTM sendiri merupakan kepanjangan dari Kraftfahrzeug Trunkenpolz Mattighofen. Saat ini saham KTM dimiliki oleh Pierer Mobility AG dan Bajaj Auto India. Merek KTM Austria terkenal dengan produk motor enduro dan motor cross-nya.

"Mereka kan udah 20 tahun yang lalu lah ya, 2000-an awal. Kemudian dia nggak boleh pakai nama KTM semenjak KTM ada di sini, dia harua pakai APP KTM dan dia tinggal main di roda tiga (motor komersial roda tiga dengan bak di belakangnya)," kata Kris.

"Menurut saya sih sekarang orang udah banyak tahu, apalagi di MotoGP awareness ke sana udah bagus. KTM Inul, itu udah dulu lah, nggak banyak yang ingat. Image itu pelan-pelan itu orang akan tahu," sebut Kris.



Simak Video "Rossi Posisi Ketujuh Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com