Indonesia Harusnya Iri karena India Bakali Punya Supercar Listrik

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 07 Agu 2021 16:41 WIB
Mobil listrik super pertama India bernama Azani.
Mobil listrik super dari India Foto: Pool (Motor1)
Jakarta -

Industri otomotif di India merupakan salah satu pasar terbesar di dunia dan terus mengalami perkembangan, yang terbaru kini ada sebuah produsen mobil di sana yang siap memperkenalkan mobil supercar bertenaga listrik. Seperti apa ya?

Perusahaan tersebut bernama Mean Metal Motors. Berbasis di Bengaluru, India, produsen otomotif ini punya rencana besar ke depan untuk membuat mobil supercar listrik pertama buatan India dan dipasarkan ke seluruh dunia.

Dikutip dari Motor 1, Mean Metal Motors telah mempersiapkan supercar tersebut yang diberi nama Azani. Karena mengusung segmen kelas supercar, pihak perusahaan mengklaim jika mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 1.000 horse power.

Sebelum menghadirkan Azani, Mean Metal Motors telah menghadirkan mobil supercar pertamanya namun bertenaga bensin, yakni M-Zero. Mobil ini diperkenalkan kepada publik pada 2015 dan jadi mobil supercar pertama buatan India.

Kini, Azani merupakan penerus mobil supercar dari M-Zero yang mengusung tenaga listrik dan dibekali spesifikasi yang mutakhir. Bahkan, supercar ini dilengkapi dengan sasis skateboard space frame aluminium sehingga lebih fleksibel dan efisien saat berkendara.

Mobil listrik super pertama India bernama Azani.Mobil listrik super pertama India bernama Azani. Foto: Pool (Motor1)

Pada bagian suspensinya, mobil ini menggunakan double wishbone dengan adaptive MR damping. Hadirnya suspensi ini dapat memberikan pilihan bagi pengemudi saat mengendarai di kondisi medan jalan tertentu.

Tak lupa, Mean Metal Motors menyematkan sejumlah teknologi canggih pada supercar listriknya seperti adaptive cruise control, pendeteksi blind spot, sistem peringatan menghindari tabrakan, pengereman darurat hingga automatic lane changing atau perubahan jalur otomatis.

Meski menggunakan tenaga baterai di dalam mobilnya, Mean Metal Motors mengklaim jika supercarnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 1.000 hp dan torsi puncaknya mencapai 737 lb-ft (1.000 Nm).

Punya spesifikasi yang mumpuni, mobil ini dapat berakselerasi dengan baik layaknya supercar buatan merek ternama. Azani hanya butuh waktu 2,1 detik saja untuk menempuh kecepatan dari 0-100 km/jam, sementara kecepatan maksimalnya dapat mencapai 354 km/jam.

Supercar Azani dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 120 kWh yang mumpuni. Mobil ini dapat menempuh jarak hingga sejauh 523 km dalam sekali pengisian daya baterai.

Soal harganya, pihak Mean Metal Motors belum mengumumkan resmi kepada publik. Namun jika tertarik terhadap supercar listrik Azani, konsumen bisa melakukan pemesanan langsung melalui laman resminya.

Mobil listrik super pertama India bernama Azani.Mobil listrik super pertama India bernama Azani. Foto: Pool (Motor1)


Simak Video "Harga Rp 600 Jutaan, Ini Tiga Mobil Listrik Termurah di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)