Lucu dan Unik, Ini Vespa Segway Antik Buatan Bandung

Yudha Maulana - detikOto
Sabtu, 07 Agu 2021 08:39 WIB
Segway Vespa Clasik made in Bandung
Segway Vespa klasik Foto: Istimewa/dok.Rixy Julian Rahmat
Bandung -

Belum lama ini video aksi seorang pria menaiki Vespa segway membetot perhatian publik di dunia maya. Video itu dibagikan oleh akun Facebook Dhamar dan ditonton oleh ribuan pasang mata.

Usut punya usut, sosok pria yang menaiki Vespa segway tersebut adalah Rixy Julian Rahmat. Pria kelahiran Garut, 36 tahun silam itu, membidani lahirnya motor Vespa segway di bengkelnya di Randusari Utara, Antapani Kidul, Kota Bandung.

Pria yang akrab disapa Iki itu memang telah menggeluti pembuatan dan modifikasi kendaraan listrik sejak 2017 lalu. Tetapi, tantangan untuk membuat memadukan Vespa dan segway baru datang ketika ia bertemu dengan kolektor vespa asal Bandung, Haji Unang awal tahun 2021.

"Saya bertemu dengan kolektor Vespa, namanya pak Haji Unang. Beliau punya 300-an motor Vespa di rumahnya, kemudian saya ajukan tentang konsep Vespa Segway ini," ujar Iki saat ditemui di bengkelnya, Jumat (6/8/2021).

Menurutnya, ketika itu, Haji Unang tertarik. Lalu keduanya pun membahas mengenai rincian komponen apa saja yang dibutuhkan sekaligus harganya. "Saya bilang ke pak haji, kalau tidak puas atau tidak sesuai ekspektasi tidak usah dibayar," kata Iki.

Segway Vespa Clasik made in BandungSegway Vespa Clasik made in Bandung Foto: Istimewa/dok.Rixy Julian Rahmat

Tak tanggung-tanggung, dari mulai body hingga stang Vespa yang digunakan bukan replika. Tetapi langsung memutilasi body Vespa merk VBB. Skuter bermodel segway Ninebot Mini Pro itu pun dilengkapi dengan perangkat lunak Arduino.

"Kalau untuk pesanan Vespa Segway seperti itu PO ya, referensinya saya lihat juga di internet, otodidak lah," kata ayah beranak dua itu.

Selain Vespa Segway, Iki juga membuat electric unicycle (EUC), sepeda listrik, motor listrik hybrid, skuter listrik. Bengkel yang dinamainya DMR Custom itu melayani pesanan dari Bandung hingga luar kota setiap bulannya.

"Kalau sekarang semua jenis kendaraan listrik bisa dibikin, dibuat hybrid bisa. Dari mesin ke elektrik bisa, mesinnya masih jalan dan elektrik masih jalan bisa. Tapi yang pengen dikembangkan lagi di Smart Balance," katanya.

Rixy mengatakan, komponen yang ia gunakan relatif masih banyak yang berasal dari luar negeri, hal itu juga lah yang terkadang menyulitkannya untuk memproduksi lebih banyak. "Sebagian juga ada yang dari dalam negeri, rencananya mau mengembangkan mobil listrik juga," tutur Rixy.

Untuk harga skuter listrik dibanderol dengan harga Rp 2 juta, sepeda listrik mulai dari Rp 9 juta dan segway scooter yang harganya bisa mencapai Rp 40 juta tergantung dari spesifikasi produknya. "Harga ini lebih murah dibandingkan di pasaran," katanya.



Simak Video "Laku Rp 1,350 Miliar, Ini Wujud Vespa 946 Christian Dior"
[Gambas:Video 20detik]
(bbn/lth)