Jepang Recall Lebih dari 3.700 Unit 'Moge Murah' BMW Karena Masalah Pengereman

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 15 Jul 2021 12:53 WIB
BMW G 310 GS Strato Blue Metallic
Ilustrasi motor BMW G 310 GS yang terkena program recall oleh BMW Jepang Foto: BMW Motorrad
Jakarta -

BMW Motorrad Jepang melaporkan adanya masalah pengereman pada beberapa model motor gede kelas entry level BMW dan me-recall 3.732 unit.

Dilansir dari Response, pemerintah Jepang melalui Kementrian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata melaporkan masalah pengereman yang terjadi pada beberapa model BMW ini seperti BMW G 310 R, G 310 GS, C 400 X dan C 400 GT.

Dari ke-empat model BMW tersebut, pemerintah Jepang mengatakan masalah pada pengereman ini muncul pada motor yang diproduksi di rentang 20 September 2016 hingga 13 November 2019.

"Pada kendaraan target, permukaan kaliper rem mungkin terkorosi karena permukaan logam yang tidak tepat pada bagian gerak piston," tulis Response pada pemberitaannya mengenai recall motor BMW ini

"Oleh karena itu, korosi pada bagian gerak piston dapat menjadi resistensi, pengembalian piston caliper menjadi buruk, dan dalam kasus terburuk, rem dapat terseret," tulis mereka.

Layaknya program recall lain, program penggantian part motor BMW ini tidak dikenakan biaya. Pemiliki motor BMW yang terkena program recall ini, menurut Response, akan mendapat pergantian kaliper rem depan-belakang secara cuma-cuma dan dalam status yang lebih sempurna.

Pemerintah Jepang mencatat, tidak ada kasus kecelakaan yang terjadi akibat masalah pengereman di beberapa model BMW ini.

Di sisi lain, kejadian recall akibat masalah pengereman di beberapa model BMW ini sudah pernah terjadi di negara lain.

Dilansir dari CNET, BMW Motorrad tercatat pernah mengeluarkan surat recall untuk unit C 400 X lansiran 2019, G 310 GS lansiran 2018-2020 dan G 310 R lansiran 2017-2020, karena dianggap bermasalah pada bagian kaliper pengeremannya. Program recall yang ini, dikabarkan berjalan sejak Agustus 2019

BMW Motorrad sendiri, mempercayakan kaliper rem dari pabrikan Bybre untuk model-model yang mendapatkan program recall ini dan beberapa model yang terkena recall ini, tercatat masuk ke Indonesia. Namun hingga berita ini ditayangkan, belum ada kabar recall yang diedarkan oleh BMW Motorrad Indonesia.



Simak Video "BMW Motorrad Rilis BMW R 18 dan R 18 Classic Model Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)